Tingkatkan Kerjasama Internasional, IKIP Budi Utomo MoU Bersama Moscow City University Russia

MoU antara Rektor IBU, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko MSi (kanan), bersama Vice Rector Moscow City University Samara Russia, Prof Elchin Gashimov PhD. (rhd) - Tingkatkan Kerjasama Internasional, IKIP Budi Utomo MoU Bersama Moscow City University Russia
MoU antara Rektor IBU, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko MSi (kanan), bersama Vice Rector Moscow City University Samara Russia, Prof Elchin Gashimov PhD. (rhd)

Malang, SERU.co.id – IKIP Budi Utomo (IBU) Malang menjalin kerjasama Internasional bersama Moscow City University Samara Russia. Ditandai dengan penandatanganan MoU di IBU Kampus C, Jalan Citandui 46, Kota Malang, Kamis (2/2/2023). Diawali penandatanganan antara Rektor IBU, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko MSi, bersama Vice Rector Moscow City University Samara Russia, Prof Elchin Gashimov PhD.

Rektor IBU, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko MSi mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud penguatan program internasional dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana keduanya memiliki kesamaan sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki konsentrasi di bidang pendidikan.

Baca Juga

“Penandatangan kerjasama ini sebagai bukti IBU tak hanya diminati anak-anak bangsa. Namun lebih dari itu, juga diminati pihak internasional dari Uni Eropa, salah satunya negara Rusia,” seru Nurcholis, yang akrab di kalangan media lantaran sebagai Pembina PWI Malang Raya.

Dari sisi aplikatif, IBU terbukti sangat diminati oleh mahasiswa Nusantara dan mancanegara, sehingga bahasa Indonesia menjadi keunggulan sarana komunikasi mereka. Termasuk Rusia yang menginginkan ada banyak warga negaranya dapat menguasai bahasa Indonesia

“Mahasiswa asing yang kuliah di IBU melalui program Dharma Siswa dan program internasional lainnya itu. Sangat fasih berbahasa Indonesia dalam waktu relatif singkat saat kuliah disini, jadi itulah salah satu alasannya Russia memilih IBU. Dan pihak Moscow University berjanji mendatangkan mahasiswanya untuk pertukaran mahasiswa kuliah di IBU,” ucap Sam Rektor, sapaan akrabnya di kalangan milenial, usai menyaksikan MoU jajaran Dekanat IBU.

Baca juga:
IKIP Budi Utomo Cetak Lulusan Berkemampuan Olahnalar dan Olahrasa
Maba IKIP Budi Utomo ‘Konser Heppiee’ Samba Nusantara #2
Coaching Clinic Futsal PJKR IKIP Budi Utomo Integrasikan Teknologi Digital

Disisi lain, Russia masih dianggap maju dalam bidang teknologi. Senyampang rencana IBU nanti pada bulan Maret akan berubah statusnya menjadi universitas. Dimana di dalamnya terdapat Fakultas Teknik yang berkenaan dengan IT.

Bagi IBU sendiri, lanjut Sam Rektor, benefit yang akan didapatkan, seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian, hingga program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga nantinya terdapat peningkatan kualitas dan mutu pendidikan IBU, baik di level nasional termasuk internasional.

“InsyaAllah nanti saya diundang menghadiri Global Summit. Dimana Rektor dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia bahkan mancanegara, diharapkan hadir di acara tersebut. Membicarakan peran masa depan universitas di masa mendatang,” ungkap Rektor yang dikenal inovatif dan berpikiran out of the box ini.

Berfoto bersama jajaran Dekanat IBU, usai MoU. (rhd) - Tingkatkan Kerjasama Internasional, IKIP Budi Utomo MoU Bersama Moscow City University Russia
Berfoto bersama jajaran Dekanat IBU, usai MoU. (rhd)

Berita Terkait