Aplikasi ‘Malpro’ Dorong Perkembangan UMKM Kota Malang

Malang, SERU.co.id – Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang mengenalkan aplikasi Malpro. Aplikasi ini merupakan aplikasi jual beli daring yang dikhususkan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar terus meningkat perkembangannya.

Kabid Aplikasi informatika Diskominfo Kota Malang, Mohammad Sidik menyampaikan, para pelaku usaha bisa melakukan transaksi dengan cara COD _(cash on delivery)_. Sehingga gap antara UMKM dengan konsumennya menjadi efisien dan cepat.

“Nantinya dalam proses jual atau beli ini menggunakan sistem pengiriman dengan pembayaran cash on delivery (COD) atau diambil sendiri,” seru Sidik.

Aplikasi Malpro bisa diakses dalam dua jenis platform. Untuk versi website, bisa melalui tautan resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di https://malpro.malangkota.go.id. Sedangkan untuk aplikasi berbasis platform android ‘Malpro’, bisa diunduh langsung melalui Playstore.

Dalam kegiatan ini, Diskominfo melakukan penyuluhan dan pendampingan agar para pelaku UMKM mampu menggunakan Malpro secara menyeluruh. Mulai dari mendaftarkan akun, hingga mengelola aneka produk mereka, seperti mengunggah gambar, memberikan deskripsi detail, hingga cara menampilkannya.

Jumlah UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini kurang lebih 100 orang dari berbagai sektor. Dengan adanya Malpro, para pelaku usaha ini bisa mensinergikan skil pemasaran mereka menggunakan media teknologi masa kini.

Walaupun yang terlibat ini masih sebagian dari semua UMKM yang ada di Kota Malang. Nantinya Pemkot Malang melalui dinas terkait terus berupaya mensosialisasikan Malpro, agar menjadi instrumen penting dalam pemasaran.

Tampilan Malpro platform website di situs resmi Pemkot Malang. (ist) - Aplikasi 'Malpro' Dorong Perkembangan UMKM Kota Malang
Tampilan Malpro platform website di situs resmi Pemkot Malang. (ist)

Sorry, you cant copy SERU.co.id!