Terpilih Desa Berdaya, Pemdes Gayam Launching Sejumlah Program

camat gayam aunur rofiq dan forkopimca gayam serta didampingi pihak terkait potong pita tanda resmi dibukanya wisata embung kaligondang desa gayam.
EMBUNG X GlONGGONG: Camat Gayam Aunur Rofiq dan Forkopimka Gayam serta didampingi pihak terkait potong pita tanda dibukanya wisata Embung X Glonggong. (foto:ist)

Bojonegoro, SERU.co.id  – Pemerintah Desa (Pemdes) Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melaunching atau meluncurkan Program Desa Berdaya Jawa Timur, Rabu (21/12/2022). Acara  yang dihadiri Camat Gayam Aunur Rofiq itu sekaligus membuka secara resmi Wisata Embung Kaligondang (Embung X Glonggong) di Desa Gayam.

Camat Gayam, Aunur Rofiq mengatakan, dari 419 desa di Bojonegoro hanya beberapa desa saja yang mendapat program desa berdaya. Gayam salah satunya. Desa Berdaya adalah desa mandiri yang terpilih karena mempunyai orientasi dan mampu berinovasi menggerakkan perekonomian desa secara kreatif dan berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

“Harapan kami kedepan, ikon wisata yang dikembangkan oleh Desa Gayam mudah-mudahan bisa lebih baik lagi,” katanya seperti dilansir suarabanyuurip.com, Rabu (21/12/2022)

Kegiatan yang digelar di Embung Desa Gayam X Glonggong (Kali Glonggong), juga dihadiri Forkopimca Gayam, Kepala Desa (Kades) Gayam beserta jajaran, Tenaga Pendamping Profesional Jawa Timur, Perwakilan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pengurus BUMDesa Gayam, Perwakilan Lima 2B, dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara, Perwakilan EMCL, Rifqi Romadhon menyampaikan, keberadaan Embung Kali Glonggong Desa Gayam, jika ditarik ke belakang pada 2020 merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) operator Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu.

“Kami gembira, karena embung yang dibangun di Gayam ini yang awalnya untuk mengairi sawah, mampu berdampak ke arah yang lain. Yakni pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya bersama mitra pendamping program dari Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (Lima 2B) juga turut menjaga konservasi air embung. Dengan cara penanaman bibit pohon di sekitar Embung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *