Gunung Semeru Erupsi Lagi Dini Hari

Erupsi Gunung Semeru. (ist) - Gunung Semeru Erupsi Lagi Dini Hari
Erupsi Gunung Semeru. (ist)

Lumajang, SERU.co.id – Gunung Semeru di Lumajang erupsi pada Minggu (4/12/2022) pagi sekitar pukul 02.46 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, Gunung Semeru mengeluarkan abu setinggi 1.500 meter di atas puncak.

“Telah terjadi erupsi G Semeru, Jawa Timur pada 04 Desember 2022 pukul 02:46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak (± 5.176 m di atas permukaan laut),” bunyi laporan PVMBG.

Bacaan Lainnya

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah tenggara dan selatan.

“Awan panas guguran masih berlangsung. Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat,” dalam sambungan pengumuman.

Seismograf mencatat terjadi delapan kali gempa letusan dengan amplitudo 18-22 mm yang berdurasi 65-120 detik.

Kini Gunung Semeru berstatus Level III (Siaga). PVMBG meminta warga tidak melakukan aktivitas apapun di wilayah tenggara sekitar Besuk Kobokan sejauh 13 km dari pucak.

Masyarakat juga diminta tidak melakukan aktivitas di sekitar 500 m dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan. Hal ini dikhawatirkan karena adanya potensi perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” imbau PVMBG. (hma/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *