BPBD Batu Genjot SDM Berkompetensi untuk Turunkan IRB

Pelatihan internal personel BPBD Batu. (ist) - BPBD Batu Genjot SDM Berkompetensi untuk Turunkan IRB
Pelatihan internal personel BPBD Batu. (ist)

Batu, SERU.co.id – Skor indeks risiko bencana (IRB) Kota Batu Tahun 2021, ada pada angka 98. Angka ini masih terbilang relatif tinggi. Untuk lebih menurun IRB itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu terus mengolah SDMnya, dengan menggelar berbagai pelatihan.

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, skor IRB pada tahun 2013 sangat tinggi. Yaitu di angka 107. Adapun potensi bencana di Kota Batu meliputi banjir bandang, tanah longor, angin puting beliung dan kebakaran hutan.

Bacaan Lainnya

“Maka dari itu personil BPBD mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang digelar sejak 20 hingga 24 Juni,” serunya.

Agung, sapaan akrab Kepala BPBD Batu menjelaskan, nilai IRB diambil dari tiga indeks parameter. Yaitu indeks ancaman bencana, dikalikan indek kerentanan. Kemudian hasilnya dibagi dengan indeks kapasitas.

“Jika indeks kapasitas meningkat, otomatis skor menurun,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga terus berupaya membuat seluruh wilayah di kota Batu menjadi desa tangguh bencana (Destana). Bahkan, Kelurahan Sisir dan Temas sudah memiliki penghargaan tingkat pratama untuk regional Jawa Timur. Jumlah Destana ini akan terus ditambah di setiap tahunnya.

“Tahun ini akan membentuk destana di Sidomulyo dan Torongrejo,” ucap Agung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *