Sekda Kabupaten Blitar Buka Rangkaian Acara Festival Kresnayana VII

Blitar, SERU.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom membuka rangkaian acara Festival Kresnayana VII di Amphitheater Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Kamis (2/6/2022). Rangkaian acara Festival Kresnayana VII dibuka dengan kegiatan Seminar Kepemimpinan dan pameran seni rupa, pameran UMKM produk-produk kreatif hingga layanan perizinan usaha, kependudukan dan perbankan.

Sekda Kabupaten Blitar mengatakan, rangkaian acara Festival Kresnayana VII ini diawali dengan Seminar Kepemimpinan yang membedah sepak terjang tokoh-tokoh besar dari Blitar.

“Kita ketahui, Blitar banyak melahirkan tokoh-tokoh besar ataupun orang-orang berpengaruh. Kali ini kita membedah beberapa tokoh yang kita sebut 4S, yakni Sukarno, Supriyadi, Sukarni dan Sucipto. Yang tentunya 4S ini memiliki andil besar atas berdirinya negara ini,” seru Izul Marom.

Selain itu, peradaban Blitar sudah dibangun oleh tiga kerajaan besar pada saat itu, yakni Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit. Dalam perkembangannya, banyak tokoh dari Blitar yang melahirkan tokoh-tokoh besar yang mendunia.

Sekda menyampaikan, selain sebagai sarana belajar bagi semua untuk lebih memahami Blitar sebagai Land of Kings atau tanah para raja-raja besar atau tokoh-tokoh besar nusantara. Seminar Kepemimpinan ini juga sebagai upaya atau strategi dalam mengkomunikasikan, menyampaikan, memberi inspirasi, motivasi pada generasi muda saat ini. Bahwa di tanah Blitar banyak inspirasi tentang kepemimpinan yang patut diteladani.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, semua dapat belajar kepemimpinan tokoh-tokoh besar tersebut. Sehingga nantinya akan lahir pemimpin-pemimpin baru dari Blitar,” jelasnya.

Sebagai informasi, Festival Kresnayana merupakan sebuah pagelaran sendratari yang mengangkat ketokohan Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia. Kisah Kresnayana tersebut diangkat dari sebuah relief yang ada di Candi Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar. (adv/leh/rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!