Siapkan Operasi Pasar Minyak Goreng, Diskumindag Batu Gandeng PPI

Kepala Diskumindag Batu, Eko Suhartono. (ws3) - Siapkan Operasi Pasar Minyak Goreng, Diskumindag Batu Gandeng PPI
Kepala Diskumindag Batu, Eko Suhartono. (ws3)

Batu, SERU.co.id – Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Batu tidak tinggal diam, dengan kondisi harga minyak goreng yang belum stabil di pasar. Saat ini, Diskumindag Batu sedang mempersiapkan operasi pasar bersama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). PT PPI sendiri adalah BUMN yang bergerak di bidang perdagangan dan logistik.

Kepala Diskumindag Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan, pihaknya bersama PT PPI bersinergi untuk menjaga stabilitas distribusi minyak goreng di Kota Batu. PPI juga akan menjadi penyalur minyak goreng dengan harga sesuai ketentuan Pemerintah. Sasaran pertamanya, adalah pedagang pasar.

Bacaan Lainnya

“Kalau harga di pasar sudah stabil, maka nanti akan lebih mudah yang lain,” seru Eko.

Mantan Kabag Humas ini juga menjelaskan, UMKM juga akan menjadi perhatiannya. Oleh karena itu, akan segera dibentuk koordinator untuk memudahkan penyalurannya nanti. Untuk harga, masih akan merujuk pada Permendag terbaru, yaitu Permendag nomor 6 tahun 2022.

“Harganya sudah ditetapkan, ada yang Rp11.500 untuk minyak curah, ada Rp13.500 untuk minyak kemasan sederhana dan Rp14.000 kemasan premium,” cetusnya.

Eko juga menuturkan, pihaknya masih menginventarisir seluruh pedagang yang ada di pasar. Ia juga berharap tidak ada ‘panic buying’ konsumen. Karena pemicu kelangkaan minyak goreng, salah satunya dari panic buying.

“Alhamdulillah di Kota Batu tidak sampai terjadi panic buying,” imbuhnya.

Saat ditanya tentang berapa jumlah minyak goreng yang akan digelontorkan, Eko mengaku, bisa menjawab setelah tuntas pendataan seluruh pedagang pasar. Dan kapan akan dilaksanakan, tanggalnya segera diberitahukan pada masyarakat lewat berbagai media.

“Nantinya melalui hulu sampai hilir akan kita kelola bersama-sama, karena ini masih dalam tahap pemantauan,” pungkasnya. (ws3/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *