Malang, SERU.co.id – Pandemi covid-19 telah merubah segalanya, tak hanya berdampak pada proses belajar-mengajar, metode bekerja, atau cara kita berbelanja. Tapi juga berdampak pada proses rekrutmen karyawan baru yang tidak bisa offline dengan career fair. Merespons kondisi tersebut, Niagahoster melakukan proses rekrutmen secara online sejak pandemi dimulai tahun 2020.
Niagahoster mengubah metode rekrutmen melalui Virtual Career Fair. Kali ini, Virtual Career Fair Niagahoster kembali hadir pada 17-19 Desember 2021 bertemakan Advance Career Conference: “Reimagine Digital Industry In The Near Future”.
“Virtual Career Fair Niagahoster kali ini lebih difokuskan pada jobseeker yang sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Karena posisi yang dibutuhkan di Niagahoster saat ini adalah untuk talent yang lebih berpengalaman,” seru Talent Acquisition Specialist Niagahoster, Kiptya Nur Astari, dalam Media Meet-Up Niagahoster, Kamis (16/12/2021).
Dalam 3 hari acara Virtual Career Fair Niagahoster, ada webinar dengan berbagai tema yang bisa diikuti oleh peserta. Antara lain membahas tentang remote-working yang diterapkan oleh Niagahoster, memahami strategi digital marketing pasca pandemi Covid-19, dan mengenai tren industri IT di tengah pandemi, serta beberapa tema lain.
“Hingga saat ini sudah ada sekitar 300 peserta yang mendaftar. Harapannya, para peserta bisa mengikuti webinar-webinar itu dengan aktif dan apply untuk posisi-posisi yang tersedia di Niagahoster,” imbuh Kiki, sapaan akrabnya.
Dibandingkan tahun 2020, jumlah jobseeker yang berminat naik lebih dari 50 persen. Tentunya hal ini menjadi sinyal bahwa dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja mulai menggeliat.
Berdasarkan riset Nielsen tentang Work From Home, karyawan yang WFH selama pandemi mulai merasa nyaman dengan metode bekerja dari rumah. Mereka merasa memiliki kebebasan dan lebih fleksibel tanpa terikat seperti harus berada di kantor jam 8 pagi – jam 5 sore. Mereka juga merasakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan di rumah (work-life balance).
“Ketika perusahaan mulai menerapkan WFO (Work From Office), mereka mulai mencari kesempatan di perusahaan lain yang menerapkan full remote-working. Karena beberapa dari mereka, masih merasa tidak aman dengan situasi pandemi, jika harus kembali bekerja di kantor,” beber Kiki.
Niagahoster sebagai perusahaan IT yang menerapkan full remote-working, memberikan kesempatan bagi para jobseeker untuk bergabung di posisi-posisi yang tersedia di Niagahoster melalui Virtual Career Fair ini.
“Dari proyeksi bisnis, trennya juga mulai bergerak dari healthcare dan finance menuju ke industri IT,” ucap Kiki.
Dengan flexible working hour yang diterapkan di Niagahoster, para karyawan atau Hoster Rangers bisa menyesuaikan waktu yang bisa mereka gunakan. Untuk fokus bekerja tanpa melepaskan tanggung jawab sesuai fungsi masing-masing.
Bekerja di Niagahoster juga mendapatkan banyak sekali benefit. Antara lain dukungan bagi Hoster Rangers untuk terus belajar, serta dukungan atau apresiasi bagi karyawan. Misalnya saat karyawan sedang sakit, berulangtahun, atau di hari-hari besar, seperti Idul Fitri dan Tahun Baru.
“Kalau mau ikut course akan disponsori, mau beli buku juga didukung. Itu yang bikin senang di sini, karena perusahaan sangat mendukung kita untuk level-up agar tidak stuck di satu titik terus. Banyak diskusi juga, jadi kita bisa terus mendapatkan insight baru,” lanjutnya.
Selain itu, meskipun para Hoster Ranger menyebar di seluruh Indonesia, tapi tetap ada komunikasi dan acara-acara untuk mengakrabkan diri. Setiap Hoster Ranger juga saling mendukung satu sama lain.
“Kita juga saling memahami satu sama lain. Jadi meskipun kita bekerja di rumah, kita tetap saling mengingatkan untuk istirahat, untuk jangan lupa makan. Kalau waktunya libur di Sabtu-Minggu atau hari besar, ya saling mengingatkan untuk benar-benar tidak usah bekerja,” tandasnya. (rhd)