Malang, SERU.co.id – Mall se-Malang Raya yang tergabung dalam APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) ikut menyemarakkan HUT ke-111 Kota Malang. Melalui rangkaian event Malang Raya Vaganza Sale 2025, tersedia diskon hingga 70 persen yang bisa dinikmati masyarakat.
Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengungkapkan, Pemkot Malang mengapresiasi APPBI selaku penyelenggara. Apalagi event ini bisa dilakukan saat kondisi ekonomi tidak baik-baik saja.
“Event ini mempertegas Kota Malang sebagai destinasi belanja yang patut diperhitungkan. Kontribusi semangat dan sinergi pelaku usaha, asosiasi perdagangan dan stakeholder lainnya bisa memajukan Malang Raya untuk menggerakkan roda perekonomian,” seru Wahyu, saat membuka Malang Raya Vaganza Sale di Matos, Jumat (11/4/205).
Wahyu menjelaskan, event ini sudah 12 kali dilakukan, agar masyarakat bisa merasakan meriahnya HUT Kota Malang. Selama satu bulan penuh, masyarakat bisa menikmati diskon barang, dengan kisaran rata-rata 50-70 persen.
“Walau dalam situasi yang tidak baik-baik saja, bisa tetap dilaksanakan dan kami ucapkan terimakasih. APPBI telah berupaya membuat masyarakat bisa belanja dan menikmati kuliner dengan lebih terjangkau,” ujarnya.
Tak ingin kalah dari masyarakat, Wahyu beserta jajaran turut berburu diskon barang di tenant produk elektronik serta fashion. Ia menuturkan, hal tersebut sekaligus memastikan keberadaan diskon barang.
“Kita sudah lihat dan banyak produk lokal yang berkualitas. Ini merupakan sinergi dengan event spot tourism yang berpotensi meningkatkan kunjungan masyarakat regional dan nasional,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Wahyu menerangkan, Malang Raya Vaganza Sale 2025 sejalan dengan lima program unggulan. Dimana salah satunya, terkait pengadaan 1.000 event bagi masyarakat Kota Malang.
Sementara itu, Ketua APPBI Malang Raya, Suwanto menjelaskan, Malang Raya Vaganza Sale digelar untuk meningkatkan kunjungan. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 sampai tahun 2025 ini, kondisi mall di Malang Raya belum sepenuhnya pulih.
“Kita tahu kondisi ekonomi saat ini sedang sulit, tidak sebaik tahun 2019. Bahkan kalau kita lihat trend kunjungan dan daya beli masyarakat cenderung menurun, sehingga diperlukan upaya menarik masyarakat,” tuturnya.
Suwanto berharap, dalam rangka HUT ke-111 Kota Malang dapat meningkatkan kunjungan dan transaksi hingga 30 persen. Selain program diskon, juga tersedia undian hadiah menarik di setiap mall dan undian hadiah utama saat penutupan event.
“Kami melibatkan tujuh mall di Malang Raya, dengan rata-rata diskon 50-70 persen. Diharapkan dengan event ini, kunjungan dan transaksi meningkat di semua pusat perbelanjaan,” tutupnya.
Pembukaan event Malang Raya Vaganza Sale 2025 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Malang. Event berlangsung selama satu bulan, terhitung sejak 11 April-11 Mei 2025. (ws13/rhd)