Batu, SERU.co.id – Dinas Pariwisata Kota (Disparta) Batu berhasil meraih Juara 1 Kategori Best Innovative Marketing dalam gelaran EJTMA 2024 (East Java Tourism Marketing Award). Acara diselenggarakan pada Minggu (8/12/2024) bertempat di Gedung Cak Durasim, JI. Genteng Kali No. 58, Genteng, Kota Surabaya.
Event ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi kepada Dinas Pariwisata di Kota dan Kabupaten Se-Jawa Timur yang telah berkontribusi dalam pengembangan dan pemasaran pariwisata di Jawa Timur. Prestasi yang bergengsi ini tentunya sangat disyukuri oleh Disparta Batu.
Kabid Pemasaran Pariwisata Disparta Kota Batu, Dwi Nova Andriany, mewakili Kadisparta Batu, Drs. Arief As Siddiq MH kepada SERU.co.id mengatakan event Awarding yang perdana diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jatim ini menjadikan Disparta Kota Batu dianugerahi “The Best Innovative Marketing”.
“Syukur Alhamdulillah, di kesempatan gelaran awarding: East Java Tourism Marketing Award 2024 yg diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Disbudpar Prov Jatim, Disparta Batu mendapat anugerah juara 1 pada kategori “Best Innovative Marketing, ” serunya.
Pada kategori ini, kata Dwi Nova, sapaannya, Disbudpar Jatim mengapresiasi Kabupaten/Kota yang memanfaatkan penggunaan teknologi baru /Aplikasi/Web dalam promosi
produk/layanan pariwisatanya. Selain itu, juga adanya ide kreatif dalam menciptakan solusi pemasaran yang inovatif melalui: Kolaborasi dengan Pihak Lain. Dalam hal ini Disparta Batu menjadi anggota dari Tourism Promotion Organization for Global Cities/ TPO yang memperluas jaringan kerjasama atau promosi pariwisata Kota Batu.
“Penggunaan data dalam pemasaran pariwisata, juga menjadi poin penting penilaian pada ketegori ini,” imbuhnya.

Dwi Nova juga menambahkan, Disparta Batu selama ini berupaya konsisten untuk merekap data kunjungan wisatawan secara rutin tiap bulannya. Data ini selanjutnya digunakan untuk menganalisis tren pasar dan mempengaruhi keputusan pemasaran inovatif. Ia juga berharap, dengan prestasi yang diraih ini, mampu menginspirasi dan mendorong kreativitas serta inovasi dalam pemasaran pariwisata di Kota Batu.
“Semoga semangat ini mampu menginspirasi dan mendorong kreativitas serta inovasi dalam pemasaran pariwisata di Kota Batu untuk lebih dikenal baik di level nusantara maupun mancanegara. Sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu yang akhirnya berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal, ” tukasnya.
EJTMA 2024 terbagi menjadi 3 kategori yaitu
Best Marketing Campaign, Best Social Influence, dan Best Innovative Marketing. Penghargaan yang diraih Disparta Kota Batu ini merupakan progres inovatif Disparta dalam memberikan pelayanan kepada calon wisatawan dengan pengembangan informasi teknologi dan optimalisasi eosial media. Serta kolaborasi dengan berbagai media dan organisasi pariwisata internasional dalam mempromosikan sektor Parekraf melalui event pameran pariwisata. (dik/ono)