Jakarta, SERU.co.id – Menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, DAMRI membuka pemesanan ribuan tiket Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) melalui DAMRI Apps. Pelanggan dapat memesan tiket kapan saja secara daring tanpa perlu antre di loket.
Head of Corporate Communication DAMRI, Atikah Abdullah menyampaikan, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam proses pemesanan dan transaksi tiket. Fitur tambahan seperti real-time refund dan cancellation juga tersedia untuk kenyamanan pelanggan.
“Melalui DAMRI Apps, pelanggan dapat memilih rute, jadwal, tempat duduk, hingga metode pembayaran dengan mudah. Periode angkutan Nataru berlangsung dari (18/12/2024-7/1/2025),” seru Atikah, dalam keterangan resminya kepada SERU.co.id, Senin (2/12/2024).
Baca juga: DAMRI Resmi Buka Pemesanan Tiket Lebaran 2024
DAMRI juga telah menyiapkan posko Nataru untuk memantau situasi perjalanan dan memberikan pelayanan tambahan. Posko ini akan membantu memastikan kelancaran perjalanan selama puncak arus mudik dan arus balik.
DAMRI menyediakan hampir 350 ribu tiket perjalanan AKAP yang bisa dipesan sejak awal November 2024. Tiket dapat dibeli melalui DAMRI Apps, loket resmi, maupun platform Online Travel Agent, seperti Traveloka dan RedBus. Dengan berbagai pilihan saluran, pelanggan memiliki fleksibilitas untuk memesan tiket sesuai kebutuhan.
Berikut cara memesan tiket via DAMRI Apps:
1. Unduh aplikasi DAMRI Apps dari Google Play Store atau Apps Store
2. Daftar dengan mengisi informasi pribadi
3. Pilih rute dan jadwal keberangkatan
4. Pilih tempat duduk
5. Isi data diri
6. Pilih metode pembayaran
7. Selesaikan pembayaran
8. Terima QR Code untuk ditukarkan sebagai tiket di titik keberangkatan
Rute perjalanan yang diprediksi ramai, meliputi Jakarta-Lampung, Palembang, Surabaya, Malang, hingga Banyuwangi. Selain itu, beberapa rute di Kalimantan, seperti Pontianak-Sintang dan Pontianak-Nanga Pinoh juga diproyeksikan akan padat. DAMRI memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 20 dan 24 Desember, sementara arus balik pada 29 Desember dan 5 Januari.
Untuk memastikan keamanan, DAMRI telah melakukan serangkaian inspeksi keselamatan (ramp check) pada seluruh armada. Dengan langkah ini, DAMRI ingin memastikan pengalaman perjalanan yang optimal selama masa liburan.
“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi yang aman, selamat, dan nyaman bagi seluruh pelanggan,” tegas Atikah.
DAMRI juga mengimbau pelanggan, untuk memanfaatkan pemesanan daring, agar menghindari antrean panjang di loket. Selain menghemat waktu, metode ini lebih efektif dalam mendukung kelancaran operasional. Dengan berbagai upaya ini, DAMRI berharap, dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat selama Nataru.
Informasi lebih lanjut mengenai layanan dan pemesanan dapat diperoleh melalui call center di nomor 1500-825 atau email ke cs@damri.co.id. Pelanggan juga dapat mengunjungi media sosial @damriindonesia untuk update terkini. Dengan layanan berbasis teknologi, DAMRI terus berinovasi untuk mendukung konektivitas nasional. (ws12/rhd)