RSUD Smart Pamekasan Siapkan Ruang Khusus dan Dokter Jiwa untuk Bacaleg Gagal

Rumah sakit RSUD Pamekasan. (Seru.co.id/udi) - RSUD Smart Pamekasan Siapkan Ruang Khusus dan Dokter Jiwa untuk Bacaleg Gagal
Rumah sakit RSUD Pamekasan. (Seru.co.id/udi)

Pamekasan, SERU.co.id – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan menyediakan ruangan khusus dan dokter spesialis kejiwaan bagi calon legislatif (Caleg) yang gagal lalu alami stres atau depresi, Senin (4/12/2023).

Dokter Spesialis Jiwa RSUD Smart Pamekasan, Indriana Lestari mengatakan, manajemen RSUD Smart sudah melakukan koordinasi terkait dengan ruangan. Manakala ada Caleg yang alami gangguan kejiwaan gegara gagal terpilih.

Bacaan Lainnya

“Tentunya kalau dari manajemen sudah koordinasi ya, ada ruangan memang untuk bantuan yang alami gangguan kejiwaan terutama mental karena kegagalan mencalonkan diri tentunya ada,” serunya.

Baca juga: Tersangka Pembakar Bendera Merah Putih Diperiksa Kejiwaan

Dokter Indriana menjelaskan, masalah kejiwaan yang biasa ditangani tidak harus pada kejiwaan yang berat. Melainkan, juga masalah kejiwaan yang ringan juga akan ditangani, ataupun pura-pura gila yang biasa disebut maling ngering.

“Tidak harus pada orang yang mengalami kejiwaan yang berat, dalam tanda kutip gila. Jadi yang mengalami gangguan realita, depresi ringan, ataupun sedang, toh ataupun gangguan penyesuaian,” jelasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Malang Ajak 570 Caleg Deklarasi Pemilu Damai 2024

Lebih lanjut, Dokter Indriana menyampaikan, ruangan bagi Caleg yang alami stres atau depresi itu nantinya akan ditempatkan di zal B termasuk disediakan psikiater.

“Tentunya Caleg kita itu lebih realistis, artinya harapan harus disesuaikan dengan kondisi yang ada, antara harapan dan kenyataan tidak terlalu jauh. Kalau realistis, bisa mencegah mereka-mereka untuk alami down ataupun stres,” harapnya. (udi/mzm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *