Tips Mudik Aman Berkendara, Stamina Pengemudi dan Performa Kendaraan Harus Fit

stamina pengemudi dan performa kendaraan harus fit. (ist) - Tips Mudik Aman Berkendara, Stamina Pengemudi dan Performa Kendaraan Harus Fit
Stamina pengemudi dan performa kendaraan harus fit. (ist)

Malang, SERU.co.id – Tradisi mudik hingga balik ke tempat kerja sudah menjadi agenda utama setiap lebaran. Tentunya, keamanan dan kenyamanan berkendara sangat diperhatikan, khususnya terkait stamina pengemudi dan performa kendaraan harus fit.

Dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Alvian Iqbal Hanif Nasrullah MT memberikan, tips aman mudik. Utamanya terkait keamanan dan kenyamanan berkendara pada jarak panjang.

Bacaan Lainnya

“Kondisi fisik pengemudi dan mobil beserta komponen-komponen di dalamnya saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Percuma jika performa mobilnya baik, tetapi stamina pengemudi kurang fit untuk berkendara. Begitu pula sebaliknya,” seru Alvian, sapaan akrabnya.

Sebelum memulai perjalanan, lanjut Alvian, pemudik harus benar-benar melakukan persiapan yang matang dan menyeluruh. Ini mencakup dua aspek penting, yakni persiapan fisik dari segi manusia atau pengemudi serta persiapan fisik kendaraan yang dipakai.

Alvian menambahkan, terdapat beberapa komponen mobil yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Pertama, kondisi ban yang harus dipastikan masih dalam kondisi prima dan tidak selip.

“Selain itu, tekanan udaranya juga harus ideal. Biasanya berada di kisaran 30-40 psi untuk ban mobil,” terangnya.

Aspek teknis lain yang perlu diperhatikan, yakni komponen mesin, seperti sistem pendinginan, sistem perolian, dan bagian-bagian silinder blok mobil. Pasalnya, jarak tempuh yang panjang seringkali menyebabkan mesin kepanasan atau overheat. Oleh karena itu, radiator dan cooling fan juga perlu dicek dan dipastikan ulang kondisinya.

“Langkah untuk merawat kondisi mesin mobil adalah dengan rutin ganti oli mesin dan service keseluruhan di bengkel. Karena mesin yang ada begitu kompleks, maka service rutin mutlak dilakukan. Tidak hanya sebelum mudik atau perjalanan jauh saja,” tegas Alvian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *