Bank Indonesia Buka 5.066 Titik Penukaran Uang, Simak Lokasi di Jawa Timur

Penukaran uang. (ist) - Bank Indonesia Buka 5.066 Titik Penukaran Uang, Simak Lokasi di Jawa Timur
Penukaran uang. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Bank Indonesia (BI) menyediakan 5.066 titik penukaran uang di seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan, Bank Indonesia menyediakan uang tunai Rp195 triliun untuk penukaran uang menjelang Idulfitri tahun ini. Jumlah ini meningkat 8,22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat,” seru Erwin beberapa waktu lalu.

Bank Indonesia juga membuka layanan penukaran uang di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik.

Lokasi penukaran uang di jalur mudik dibuka pada 15-19 April 2023 diantaranya di jalan tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.

Baca juga : Jelang IdulFitri, BI dan Perbankan Malang Buka 109 Titik Penukaran Uang Baru

Sementara itu, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur membuka 500 titik di seluruh kantor perbankan wilayah kerja BI Jatim.

Penukaran di bank umum dibuka setiap Selasa-Kamis 08.30-11.30 WIB. Sedangkan pelayanan tukar uang di BPR dibuka pada Senin dan Jumat pukul 08.30-11.30 WIB.

Kepala BI Jatim Budi Hartono mengatakan, layanan penukaran uang di BI Jatim disediakan dengan sistem drive thru mulai 25 Maret-16 April setiap hari Sabtu dan Minggu. Terdapat dua sesi layanan yang melayani 1.000 penukar.

“Sesi I pada pukul 09.30 – 11.30 WIB, dan sesi II pada pukul 13.00 – 15.00 WIB,” kata Budi.

Lokasi lainnya yang disediakan untuk penukaran uang adalah di area 5 Wali Songo yaitu makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik, dan Sunan Bonang Tuban. (hma/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *