Pengurus Nasional IKA ITN Malang 2023-2025 Resmi Dilantik

Ketum IKA ITN menyematkan pin Pengurus Nasional IKA ITN Malang 2023-2025. (ist) - Pengurus Nasional IKA ITN Malang 2023-2025 Resmi Dilantik - Ketum harapkan IKA ITN jadi pusat informasi bagi stakeholder
Ketum IKA ITN menyematkan pin Pengurus Nasional IKA ITN Malang 2023-2025. (ist)

Ketum Harapkan IKA ITN Jadi Pusat Informasi Bagi Stakeholder

 

Malang, SERU.co.id – Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melantik dan mengambil sumpah Pengurus Nasional IKA ITN Malang masa bakti 2023-2025. Dihadiri oleh Rektor ITN Malang dan Ketua Yayasan Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN), di Auditorium Kampus 1 ITN Malang, Sabtu (11/2/2023).

Bacaan Lainnya

Ketua Umum IKA ITN Malang, Nyoman Sugiartha Ariantara menyatakan, IKA ITN Malang sebagai pusat informasi yang menghubungkan satu sama lain dan kolaborasi seluruh stakeholder. Mengkoneksikan alumnus dengan alumni, alumni dengan almamater, dan pengembangan adik-adik mahasiswa.

“IKA ITN Malang telah memiliki beberapa chapter (wilayah), tentunya akan memberi nilai sendiri. Membentuk sebuah nama ITN baru menjadi nama ITN unggulan, seperti diharapkan oleh para pendiri yayasan,” seru Nyoman, sapaan akrabnya.

Rangkaian prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan PATAKA dari Ketua Umum IKA ITN Malang kepada Rektor ITN Malang. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) dan pembacaan ikrar oleh Ketua Umum IKA ITN Malang, diikuti seluruh pengurus yang dilantik. Rangkaian pelantikan ditutup dengan penyematan secara simbolis PIN IKA Alumni ITN Malang oleh Ketua Umum IKA ITN Malang kepada perwakilan pengurus diikuti oleh pengurus lainnya.

Ada empat bidang dalam kepengurusan IKA ITN Malang. Yakni:
– Bidang Data, Pengembangan Organisasi dan Kemitraan;
– Bidang Keilmuan, Riset dan Kurikulum;
– Bidang Bina Usaha, Kesejahteraan Alumni dan Pengabdian Masyarakat; serta
– Bidang Karir dan Kemahasiswaan, dengan total 11 sub bidang.

Menurut Nyoman, kepengurusan Nasional IKA ITN Malang sudah siap melakukan berbagai kegiatan. Sebagai program awal, dalam waktu dekat IKA ITN Malang akan menggelar job fair. Menariknya job fair ini akan diisi oleh perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh alumni, dan perusahaan-perusahaan dimana alumni bekerja di dalamnya.

Selain itu, IKA ITN Malang akan menggelar sertifikasi insinyur Indonesia. Dimana sertifikasi menjadi salah satu prasyarat kelulusan sebagai sarjana teknik. Dan program unggulan lainnya adalah pembentukan lembaga sertifikasi profesi (LSP) terutama yang menyangkut safety.

“Karena ini merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seluruh teknisi. Tentunya (program) ini akan menjadi gelora yang sedikit berbeda. Saya sendiri telah menyiapkan mahasiswa preneur bersama dengan salah satu yayasan (Kanirana Coaching),” terang Nyoman.

“Ke depan ketika ada mahasiswa yang ingin jadi entrepreneur, kami bisa mengakomodir. Bukan hanya sebuah nilai yang tertera di dalam akademik, tapi mereka memiliki value untuk menjadi entrepreneur. Ini menjadi luar biasa kalau bisa berkolaborasi, imbuh alumnus Teknik Mesin S-1 angkatan ’88 ini.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *