Opini Ekonomi Kreatif Digital Sebagai Pembangkit Perekonomian

Opini Ekonomi Kreatif Digital Sebagai Pembangkit Perekonomian
Opini Ekonomi Kreatif Digital Sebagai Pembangkit Perekonomian.
Aldhino Alam Putra
Universitas Negeri Malang

Era Milenial yang sering disebut sebagai generasi sekarang ini merupakan generasi baru yang ditandai dengan adanya pergeseran dari teknologi analog ke digitalisasi. Kehidupan sosial sudah tidak asing lagi, kita melihat anak-anak muda sekarang sudah akrab dengan perangkat atau gadget mobile. Model transaksi pembayaran barang dan jasa sudah mulai berubah dari transaksi pembayaran manual menjadi bentuk virtual/digital. Salah satu perekonomian yang paling terdampak pandemi adalah Usaha Kecil Menengah (UKM), yang juga menjadi motor penggerak perekonomian nasional. Hal ini dapat dipahami karena UKM telah memberikan kontribusi yang sangat penting bagi perekonomian. Sejumlah faktor dapat menimbulkan masalah dan kendala bagi UKM Indonesia. UKM sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, sehingga ketika UKM mengalami perlambatan, maka perekonomian Indonesia khususnya ekonomi kreatif juga mengalami perlambatan.

Ekonomi kreatif adalah konsep era ekonomi baru yang memperkuat pengetahuan dan kreativitas, dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama. Konsep ini biasanya didukung oleh adanya industri kreatif yang merupakan perwujudannya. Ekonomi kreatif dipandang sebagai pendukung kesejahteraan ekonomi yang semakin penting. Banyak pihak berpendapat bahwa kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan industri abad ke-21 bergantung pada penciptaan pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.

Bacaan Lainnya

Para pengusaha di bidang industri kreatif terus maju dan tidak berhenti berinovasi, meski terdampak pandemi. Selain itu, gelombang revolusi industri 4.0 telah mendisrupsi banyak bidang kehidupan. Gangguan ini tercermin dalam perubahan cepat yang datang dengan penggunaan kecerdasan buatan dan antarmuka manusia-mesin, yang mengedepankan kreativitas dan inovasi untuk memenangkan persaingan.

Oleh karena itu, ekonomi kreatif menjadi salah satu topik yang patut diperhatikan sebagai pilihan strategis untuk mengalahkan pesaing dengan menerapkan ide-ide kreatif. Munculnya ekonomi kreatif yang terbagi dalam banyak kategori, antara lain fashion, seni, kuliner, desain produk, game online, film, animasi, aplikasi, konten digital dan lain-lain, patut menjadi pilihan strategis bagi pertumbuhan ekonomi kreatif dan pemulihan ekonomi kreatif. ekonomi Nasional. Indonesia harus bisa mempercepat masa penyesuaian pasca pandemi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di tanah air. Menghadapi keragaman budaya dan ledakan demografi saat ini, kita harus terus mengembangkan jaringan antara pelaku industri kreatif lokal dan global.

Pos terkait