Lukisan Mantan Pegawai Pabrik Gula itu Digemari Musisi Mancanegara

Malang, SERU.co.id – Toha Mushadi (48), warga Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang merupakan seniman yang karyanya banyak dikagumi para musisi mancanegara. Namun suksesnya berkesenian, bukan tanpa kendala. Keputusannya untuk fokus sebagai seniman lukis, sempat ditentang keluarganya. Namun lelaki berpenampilan sederhana itu ngeyel hingga usahanya membuahkan hasil yang menggiurkan.

Toha mengaku, menggambar adalah salah satu hobinya yang sudah ia cintai sejak kecil. Dirinya merasa jika tidak sempat melukis, Toha merasa ada yang mengganjal dan kurang.

“Sejak kecil memang suka menggambar, apa saja yang menarik digambar. Kalau tidak menggambar itu rasanya ada yang kurang. Lalu saya mulai baca komik dan kenal banyak karya gambar dari sana,” seru Atoh, nama pangilan seniman tersebut.

Melalui gambar-gambar komik, garapan Almarhum Teguh Santoso dirinya semakin banyak inspirasi gambar-gambar di setiap karyanya. Dari situlah, dirinya mulai menyukai gambar dengan genre horror.

Sebelum mendalami dunia lukis, Atoh sudah bekerja di salah satu pabrik gula di  Kabupaten Malang, sebagai PH monitor selama 8 tahun. Meskipun sibuk dengan rutinitasnya sebagai karyawan pabrik, lelaki tersebut selalu menyempatkan untuk menggambar di waktu senggang. Goresan-goresan karyanya dituangkan di berbagai media sederhana seperti kertas bungkus roko, hingga kertas-kertas bekas lainnya.

“Kadang gambar daun saja, sampai berbulan bulan gambar daun, sampai terlatih,” jelasnya.

Tepat di tahun 1997, dirinya keluar dari pekerjaannya untuk menyalurkan jiwa seninya yang sekian lama terkubur. Tekatnya semakin bulat, sehingga dirinya merantau ke Pulau Dewata untuk belajar teknik menggambar.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!