Diduga Korsleting Listrik, Gudang Produksi Kerajinan Kayu di Rejoso Terbakar

Gudang dan tempat produksi kerajinan kayu yang tinggal menyisakan sepertiga bangunan. (dik) - Diduga Korsleting Listrik, Gudang Produksi Kerajinan Kayu di Rejoso Terbakar
Gudang dan tempat produksi kerajinan kayu yang tinggal menyisakan sepertiga bangunan. (dik)

Batu, SERU.co.id – Gudang sekaligus tempat produksi Kerajinan kayu milik Sanusi, warga jalan simpang Trunojoyo, Dusun Rejoso, Desa Mojorejo, kecamatan Junrejo, Kota Batu hangus terbakar. Diduga kuat kebakaran tersebut berasal dari salah satu mesin produksi kerajinan kayu. Kebakaran terjadi pada, Minggu (30/10/2022) sekitar pukul 12.30 WIB.

Sanusi, pemilik tempat produksi kerajinan kayu menceritakan kronologis kebakaran berawal dari kegiatannya melakukan bersih-bersih di tempat usahanya tersebut. Karena pada hari Minggu tidak ada produksi kerajinan, dirinya sengaja datang untuk menyirami tempat produksi kerajinan kayu supaya tidak berdebu. Namun Nahas, baru ditinggal pulang 10 menit, tetangga berlarian dan memberikan kabar bahwa tempat usahanya sedang di lalap si jago merah.

Bacaan Lainnya

“Saya lagi istirahat baru 10 menit, ada yang teriak tempat saya terbakar,” serunya.

Saat ditanya oleh petugas Damkar yang datang sekitar 20 menit kemudian, Sanusi mengaku tidak sama sekali merokok di tempat usahanya. Ia juga mengaku tidak ada mesin produksi yang menyala. Namun diakui kabel dari mesin produksi miliknya, masih terhubung ke pusat listrik.

“Hari Minggu tidak ada kegiatan produksi. Jadi mesin ya mati semua. Saya ke sini cuma siram-siram,” ungkapnya.

Salah satu petugas pemadam kebakaran dari Dinas PMK Kota Batu, Hartono mengatakan, ada kemungkinan kebakaran terjadi karena kelebihan beban muatan listrik atau bisa jadi karena mesin masih menyimpan tenaga listrik. Sehingga menyebabkan kabel tersambung dan menjadi memicu kebakaran. Ia berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi pemilik usaha dan juga warga sekitar yang memiliki usaha serupa.

“Karena material yang terkena percikan api adalah berbahan dasar kayu, maka api bisa cepat membesar dan bisa segera menghanguskan apapun yang mengenainya,” ujarnya.

Beberapa peralatan produksi kerajinan yang ikut dilalap si jago merah. (dik) - Diduga Korsleting Listrik, Gudang Produksi Kerajinan Kayu di Rejoso Terbakar
Beberapa peralatan produksi kerajinan yang ikut dilalap si jago merah. (dik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *