Risiko Tinggi, KONI Beri Perlindungan Atlet Lewat BPJS Ketenagakerjaan

Penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. (ist) - Risiko Tinggi, KONI Beri Perlindungan Atlet Lewat BPJS Ketenagakerjaan
Penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. (ist)

Malang, SERU.co.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada atlet Indonesia dari beragam risiko.

Atlet dinilai sebagai profesi yang rentan mengalami risiko sosial ekonomi, khususnya saat mereka memutuskan untuk pensiun dari dunia olah raga atau telah memasuki hari tua.

Bacaan Lainnya

BPJS Ketenagakerjaan dan KONI kemudian memutuskan untuk menjalin kerja sama melalui nota kesepahaman yang secara resmi ditandatangani oleh Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Senin (12/9/2022).

Kerja sama ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJAMSOSTEK dengan KONI Pusat dan seluruh KONI di 34 Provinsi serta Pengurus Besar atau Pengurus Pusat 72 Cabang Olahraga (Cabor).

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo menjelaskan, banyak atlet yang mengalami cedera saat bertanding. Namun karena tidak memiliki perlindungan, sehingga mengakibatkan perawatannya tidak tuntas dan akhirnya mereka terpaksa mengakhiri karirnya.

“Hal ini sungguh disayangkan karena para atlet tersebut merupakan harapan bangsa. Oleh karena itu hari ini kita melakukan tanda tangan MOU dengan KONI agar kita bersama dengan KONI dapat mendorong setiap daerah untuk memastikan para atletnya telah terlindungi,” kata Anggoro.

Pihaknya menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah melalui BPJAMSOSTEK untuk memastikan para atlet memiliki perlindungan atas risiko kecelakaan kerja dan kematian serta menjamin mereka memiliki hari tua yang sejahtera.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *