Menkeu Sri Mulyani Jamin Gaji ke-13 PNS dan Tukin Cair 1 Juli

Menkeu Sri Mulyani. (ist) - Menkeu Sri Mulyani Jamin Gaji ke-13 PNS dan Tukin Cair 1 Juli
Menkeu Sri Mulyani. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjamin gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan cair mulai 1 Juli 2022. Sri Mulyani menyebut, gaji ke-13 tahun ini terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50 persen tunjangan kinerja.

“Pembayaran gaji ke-13 yang akan dimulai pembayarannya pada tanggal 1 Juli yang akan datang, di mana kementerian lembaga akan ajukan surat perintah membayar,” seru Menkeu, Selasa (28/6/2022).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp11,5 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 PNS Pusat, TNI, dan Polri, sedangkan anggaran untuk PNS daerah sebanyak Rp15 triliun. Anggaran tersebut diambil dari APBD.

Sri Mulyani menegaskan, pencairan gaji ke-13 PNS akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 16 tahun 2022 yang diturunkan ke Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5 tahun 2022 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas.

Adapun aturan terbaru mengenai gaji ke-13 PNS tahun ini adalah adanya tambahan 50% tunjangan kinerja per bulan. Bagi pemerintah daerah, tukin paling banyak 50% tambahan penghasilan.

“Bagi pemerintah daerah aturannya paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Sri Mulyani berharap, dengan pencairan gaji ke-13 ini dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Kita mengharapkan dengan adanya THR dan gaji ke-13 percepatan pemulihan ekonomi nasional akan semakin didorong dengan menambah daya beli Masyarakat khususnya pada saat menjelang tahun ajaran baru di mana kebutuhan terhadap belanja untuk kebutuhan anak-anak Didik biasanya dihadapi oleh para orang tua,” ungkapnya. (hma/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *