Drive Thru Bank Indonesia Buka Layanan Tukar Uang Baru Hingga 28 April

Drive Thru BI Malang penukaran uang baru di area parkir Graha Cakrawala UM. (rhd) - Drive Thru Bank Indonesia Buka Layanan Tukar Uang Baru Hingga 28 April
Drive Thru BI Malang penukaran uang baru di area parkir Graha Cakrawala UM. (rhd)

Malang, SERU.co.id – Demi mendapatkan uang baru asli dengan hitungan pas, masyarakat Kota Malang menyerbu drive thru layanan penukaran uang baru Bank Indonesia. Bertempat di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), selama 4 (empat) hari pada Senin-Kamis (25-28/4/2022) mulai pukul 10.00-12.00.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi mengatakan, setiap harinya dibatasi 300 orang yang bisa menukarkan uang baru. Dengan memanfaatkan aplikasi PINTAR di https://pintar.bi.go.id. Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan sebesar Rp3,8 juta, terdiri dari pecahan Rp1.000 hingga Rp20.000.

Bacaan Lainnya

“Layanan penukaran uang baru kami siapkan, agar masyarakat tidak perlu menukarkan uang di pinggir jalan. Sangat beresiko, karena potensi uang palsu dan hitungannya kurang, kita jadi tidak tahu. Dan tidak dikenai biaya tambahan seperti yang di pinggir jalan,” seru Samsun Hadi, usai meninjau pelaksanaan layanan drive thru.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, menyerahkan simbolis penukaran uang baru. (rhd) - Drive Thru Bank Indonesia Buka Layanan Tukar Uang Baru Hingga 28 April
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, menyerahkan simbolis penukaran uang baru. (rhd)

Masyarakat tidak bisa spontan datang dan tukar, namun wajib melakukan pendaftaran di hari sebelumnya secara online pada aplikasi PINTAR https://pintar.bi.go.id. Kemudian menunjukkan KTP dan bukti pendaftaran secara online, sebelum memasuki area layanan penukaran drive thru.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang bersinergi dengan lima bank dalam layanan drive thru ini. Di antaranya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Bank Jatim Syariah dan Bank Tabungan Negara (BTN).

KPw BI Malang berkolaborasi dengan perbankan dan Perbarindo juga membuka layanan penukaran uang. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Malang Raya terhadap uang pecahan kecil pada momentum bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri tahun 2022.

“Kita harapkan masyarakat yang tidak dapat antrian bisa menukarkan di bank,” imbuh pria asal Pasuruan ini.

Mekanisme penukaran uang baru Drive Thru BI Malang. (ist) - Drive Thru Bank Indonesia Buka Layanan Tukar Uang Baru Hingga 28 April
Mekanisme penukaran uang baru Drive Thru BI Malang. (ist)

Layanan penukaran uang dibuka di loket perbankan sebanyak 100 titik dan loket Perbarindo sebanyak 39 titik. Yang tersebar di Kota Batu, Kota/Kabupaten Malang, Kota/Kabupaten Pasuruan dan Kota/Kabupaten Probolinggo. Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan, sebesar Rp3,7 juta yang terdiri dari pecahan Rp2.000 hingga Rp20.000. 

“Layanan penukaran uang bersifat gratis tanpa dipungut biaya. Demi keamanan, masyarakat dihimbau untuk dapat melakukan penukaran uang pada layanan resmi. Baik drive thru maupun loket perbankan dan perbarindo,”  tandasnya. (rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *