Pengukuhan Kepala KPw BI Malang, Sutiaji Ajak Perkuat Sinergi Tumbuhkan Ekonomi

Prosesi pengukuhan Kepala KPw BI Malang. (ist) - Pengukuhan Kepala KPw BI Malang, Sutiaji Ajak Perkuat Sinergi Tumbuhkan Ekonomi
Prosesi pengukuhan Kepala KPw BI Malang. (ist)

Malang, SERU.co.id – Bertempat di Grand Mercure Hotel Malang, upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang dari Azka Subhan kepada Samsun Hadi berjalan dengan khidmat.

Walikota Malang, Drs Sutiaji menyampaikan, ucapan selamat kepada Samsun Hadi yang usai dikukuhkan. Dirinya berharap sinergitas antara Pemkot Malang dengan KPw BI Malang dapat menumbuhkan sektor ekonomi. Sekaligus untuk memperkenalkan Kepala KPw BI Malang yang baru kepada mitra kerja dan stakeholders, termasuk Pemkot Malang.

Bacaan Lainnya

“Selamat datang di Kota Malang kepada Pak Samsun. Saya berharap di bawah kepemimpinan Bapak, KPw BI Malang akan dapat terus mempertahankan kerjasama dan koordinasi yang baik. Dengan Pemkot Malang guna meningkatkan perekonomian Kota Malang,” seru Sutiaji, Senin (21/3/2022).

Walikota Malang Sutiaji menyampaikan apresiasi kepada Kepala KPw BI Malang yang lama dan baru. (ist) - Pengukuhan Kepala KPw BI Malang, Sutiaji Ajak Perkuat Sinergi Tumbuhkan Ekonomi
Walikota Malang Sutiaji menyampaikan apresiasi kepada Kepala KPw BI Malang yang lama dan baru. (ist)

Pengukuhan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan agenda pelantikan dan serah terima jabatan yang telah dilakukan pada 18 Januari 2022 lalu. Serah terima langsung oleh Gubernur BI kepada 39 pimpinan satuan kerja di BI, baik di kantor pusat maupun di kantor perwakilan dalam dan luar negeri.

Sutiaji mengapresiasi sinergi dan kolaborasi BI Malang dengan pemerintah daerah. Menurutnya, kuatnya kolaborasi tersebut dapat mendorong kemandirian ekonomi daerah. Bagaimana kondisi fiskal Kota Malang semakin kuat, sehingga kemandirian di masing-masing daerah semakin tumbuh.

Selain itu, Sutiaji berharap mudah-mudahan ketergantungan daerah kepada pusat, pelan tapi pasti dapat berkurang. Sebab akan membawa pertumbuhan ekonomi semakin bagus berkat kerjasama semua lintas komunitas dan sinergi hexahelix.

“Termasuk perbankan yang menjadi komunitas tersendiri dalam kolaborasi ini,” beber pria penghobi badminton ini.

Diketahui, program Pemkot Malang yang sedang dijalankan adalah meningkatkan industri ekonomi kreatif. Didukung dengan komunitas-komunitas anak muda sebagai wirausahawan serta pelaku industri kreatif, baik konvensional maupun yang sudah menjadi start-up e-commerce.

Terlebih, saat ini sedang didirikan MCC (Malang Creative Center) sebagai tempat inkubasi. Akan menjadi pusat aktivitas dan pusat interaksi para pelaku ekonomi kreatif potensial untuk saling berkolaborasi.

“Maka besar harapan kami, seluruh stakeholders termasuk BI dapat senantiasa mendukung,” ujarnya.

Pemkot Malang mengupayakan penguatan  ekonomi kreatif diharapkan dapat menurunkan pengangguran terbuka. Serta menekan angka gini rasio dan angka kemiskinan di Kota Malang. Karena melalui ekonomi kreatif, banyak lapangan pekerjaan yang terserap.

“Pengangguran terbuka tidak lagi menjadi beban negara. Karena dibantu banyaknya start up yang muncul,” terangnya.

Tidak lupa Sutiaji memberikan apresiasi kepada Kepala KPw BI sebelumnya, Azka Subhan, atas kerja sama dan kolaborasi yang telah dilakukan selama menjabat. Menurutnya, BI Malang dibawah kepemimpinan Azka, sangat luar biasa memberikan supporting kepada teman-teman di lapangan. Serta memberikan literasi kepada pemerintah daerah kepada masyarakat tentang optimalisasi pendapatan, optimalisasi sektor dan keberlangsungan UMKM.

“Ini menjadi supporting pertumbuhan ekonomi di daerah masing-masing. Terima kasih Pak Azka,” ungkapnya.

Sementara, Deputi Gubernur BI, Aida S Budiman menjelaskan, untuk memastikan momentum pemulihan ekonomi dan stabilitasnya terjaga, perlu sinergi untuk terus dilakukan. Ia juga berharap, sinergi antara Perwakilan BI Malang dengan Pemkot Malang dapat terus dikuatkan.

Sebab pihaknya mengarahkan kepada seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia, untuk terus memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder untuk pelaksanaannya. Karena pihaknya tidak bisa berjalan sendiri untuk pemulihan ekonomi.

“Sinergi tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan kinerja optimal, sehingga menjaga proses pemulihan ekonomi di daerah dan nasional,” terang Aida S Budiman, mewakili Gubernur Bank Indonesia.

Dirinya berpesan kepada Kepala perwakilan yang baru dilantik, untuk dapat mempertahankan dan mengejar prestasi yang lebih tinggi. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian wilayah yang diembannya.

“Pemulihan ekonomi menjadi tugas berkelanjutan yang perlu untuk dikawal keberhasilannya. Mengingat prospek perekonomian ke depan diprediksi akan semakin membaik, ditunjang oleh perbaikan dari sisi konsumsi masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, menciptakan optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi ke depan juga perlu didorong dengan beberapa upaya nyata. Di antaranya, membentuk korporatisasi yang holistik serta ekosistem digital yang lebih luas. Yakni penggunaan QRIS (Quick Response Indonesian Standard) dan BI-FAST (Bank Indonesia Fast Payment)

“Kami dari Gubernur Bank Indonesia mendorong Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang untuk terus bersinergi dengan pemerintah daerah,” tandasnya.

Sementara itu Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H., M.Han, mengucapkan selamat kepada Samsun Hadi atas jabatan barunya sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang.

“Selamat kepada Bapak Samsun. Semoga kedepannya Kodim 0833/Kota Malang dapat terus bersinergi dengan BI Malang Raya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya anggota DPR RI Komisi XI Ir Andreas Eddy Susetyo, MM, Badan Supervisi Bank Indonesia Prof Dr Muh Khusaini, SE MSi MA, Kapolreta Malang Kota Kombes Budi Hermanto, SIK, MSi, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Zuhandi, SH, MH, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, SE, Wakil Walikota Batu (Ir. H. Punjul Santoso, SH, MM, Sekda Kota Malang, Kepala OJK Bapak Sugiarto Kasmuri, dan lainnya. (jaz/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *