LPG Non Subsidi Naik, Operasional Hotel Membengkak, Manajemen Putar Otak

Manager Zam-zam Hotel. (mg1) - LPG Non Subsidi Naik, Operasional Hotel Membengkak, Manajemen Putar Otak
Manager Zam-zam Hotel. (mg1)

Batu, SERU.co.id – Bahan bakar LPG non subsidi mengalami kenaikan sejak tiga hari lalu. Hal ini sangat berpengaruh terhadap berbagai usaha dan industri, termasuk sektor perhotelan. Pasalnya, hotel juga menggunakan bahan bakar gas ini untuk berbagai kebutuhannya.

General Manager (GM) Zam Zam Hotel Batu, Rudy Rinanto, saat ditemui Seru.co.id menjelaskan, naiknya harga LPG non subsidi ini sangat dirasakan oleh perusahaannya. Tak hanya keperluan di kitchen, namun juga pada departemen lainnya. Kondisi ini jelas berpengaruh pada operasional perusahaan yang membengkak, dan memaksa manajemen putar otak.

Bacaan Lainnya

“Tidak hanya untuk dapur, tapi juga untuk memanaskan air dan masih banyak keperluan lain, tergantung hotelnya,” seru Rudy Rinanto.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya berusaha untuk menyiasati dengan berbagai cara. Karena bahan bakar sudah menjadi kebutuhan utama. Salah satunya, berusaha memodifikasi produk dan perubahan kebijakan pada pengelolaan keuangan.

“Yang jelas kami tetap membeli gas industri, karena memang kebutuhan dalam hotel,” ungkapnya

Rudy mengaku, tidak mudah untuk langsung menaikkan harga kamar, akibat operasional bahan bakar yang membengkak. Dirinya cuma berharap, dari tingkat okupansi kamar yang baik, bisa membantu mengurangi beban pengeluaran bahan bakar. 

“Kadang-kadang kita harus mengalah kalau kondisinya memungkinkan,” ujarnya

Sementara itu, salah satu agen LPG Kota Batu, Digma menyatakan, sebagai agen, dirinya hanya menjual saja. Tentang penyebab kenaikan harga LPG non subsidi ini, ia mengaku tidak tahu menahu. Untuk isi tabung 12 kilogram dijual  Rp182.000.

“Itukan harga dari pertamina langsung, dan kami hanya menyesuaikan saja harganya,” tandasnya. (mg1/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *