Sutiaji : Pentingnya Peran Ketua RT / RW Tingkatkan Kualitas Lingkungan

Sutiaji memberikan arahan dalam Kampung Bersinar 2019. (ist)

Kota Malang, SERU – Ketua RT dan Ketua RW adalah sosok pemimpin sekaligus pengendali bagi suksesnya pengelolaan lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing.

Bacaan Lainnya

Hal ini diungkapkan Walikota Malang, H. Sutiaji, saat memberikan arahannya pada kegiatan Kemitraan dan Kerjasama Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Kampung Bersinar 2019, di Hotel Savana Malang, Selasa (29/10/2019).

Walikota Sutiaji yang hadir dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji tersebut memberikan apresiasi yang positif kepada para peserta yang telah hadir dan memberikan saran masukan bagi pengelolaan lingkungan hidup di Kota Malang. “Perilaku hidup bersih dan bersahabat dengan lingkungan menjadi keharusan bagi kita semua. Hal itu harus kita tanamkan, sehingga menjadi budaya dalam kehidupan kita sehari-hari,” serunya.

Sutiaji memberikan penghargaan kepada pemenang Kampung Bersinar 2019. (ist)

Kampung bersinar, lanjutnya, merupakan salah satu lomba yang tujuannya untuk menghidupkan pola kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih, ramah lingkungan dan mengelola lingkungan dengan baik. Salah satunya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. “Kota Malang sebagai pelopor cinta pada lingkungan haruslah terus berbenah diri dan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi dan gerakan cinta lingkungan, agar masyarakat terus sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup,” tandasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Rinawati, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar menurunnya kualitas lingkungan hidup, sekaligus untuk menjaga keberlangsungan mahluk hidup di dalamnya. Untuk itu, tanggung jawab tersebut harus dilakukan dengan kerjasama diantara 5 elemen yang biasa disebut sebagai kolaborasi pentahelix.

Bersama para pemenang Kampung Bersinar 2019. (ist)

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempertemukan stakeholder dengan kampung-kampung yang telah sukses melakukan pengelolaan lingkungan hidup agar terjadi diskusi untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup di masa mendatang,” seru Rinawati.

Rinawati yang juga Plt. Kabag Pengembangan Perekonomian Setda Kota Malang, juga menjelaskan, melalui kegiatan ini diharapkan terjalin kemitraan dan kerja sama antara 5 pilar dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan pada kampung bersinar.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan pada 10 besar RW Lomba Kampung Lingkungan Hidup Menuju Kampung Bersinar 2019; yaitu RW 11 Kelurahan Merjosari, RW 5 Kelurahan Arjowinangun, RW 6 Kelurahan Balearjosari, RW 2 Kelurahan Sawojajar, RW 4 Kelurahan Rampal Celaket, RW 7 Kelurahan Lesanpuro, RW 6 Kelurahan Arjowinangun, RW 9 Kelurahan Merjosari, RW 6 Kelurahan Tasikmadu dan RW 3 Kelurahan Rampal Celaket. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *