Tahap Tes Tulis Pilkades Bondowoso, Bakal Calon Kades Berkurang Tiga

TES TULIS: Sebanyak 76 Bakal Calon Kades (Bacakdes) mengikuti ujian tulis untuk peserta Pilkades Serentak Bondowoso 2019 di 18 Desa. (foto: ido)

Bondowoso,SERU- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Bondowoso 2019 telah memasuki tahap tes tulis. Tes yang digelar di Aula Sabha Bina 2 Kantor Pemkab Bondowoso, Senin kemarin (28/10/2019), diikuti 76 bakal calon kepala desa (bacakades).

Jumlah itu berkurang dibandingkan pada tahap verifikasi persyaratan adminitrasi dua dua pekan lalu. ”Pada tahap verifikasi administrasi ada 79 bacakades. Tapi, saat tahap tes tulis berkurang tiga, karena tidak lolos tahap verifikasi administrasi,” kata Abdurahman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bondowoso.

Penyebab tiga bacakades tidak lolos, sambung mantan Kepala Disnakertrnas Bondowoso, ini karena keterangan berkas administrasinya tidak lengkap dan tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. ”Tiga orang bacakades yang tidak lolos tahap verifikasi administrasi, itu dari Desa Mengen, Tamanan, dan Kalianyar,” tambahnya.

Dalam tahap tes tulis, ke-76 bacakades mengerjakan soal tiga mata ujian yang dibuat tim seleksi pilkades serentak dari Pemkab Bondowoso. Ketiga mata ujian adalah Bahasa Indonesia, Agama, dan Pengetahuan Umum. ”Semua bacakades mengikuti tahapan tes tulis ini. Baik jumlah bakacades di desa yang jumlahnya lebih dari lima orang maupun yang kurang dari lima orang, Karena, ketentuan Peraturan Bupati (Perbup) Bondowoso memang begitu,” terang Abdurahman.

Setelah tahap tes tulis, menurut dia, pemkab akan mengumumkan hasil tes melalui Panitia Pilkades di Desa masing-masing. Kemudian, dilakukan pengumuman dan penetapan bacakades menjadi cakades (calon kades) peserta pilkades serentak. ”Jadi seluruh tahapan seleksi sampai 30 Oktober 2019. Setelah 30 Oktober 2019, diumumkan melalui Panitia Pilkades di Desa masing-masing,” ujarnya.

Pelaksanaan tes tulis bacakades berlangsung sehari, mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Bacakades mendapat waktu sekitar 45 menit untuk mengerjakan soal setiap mata ujian pilihan ganda. Pilkades Serentak Bondowoso 2019 sendiri digelar 20 Desember mendatang. Ada 18 Desa di 10 kecamatan dari 23 kecamatan yang menggelar Pilkades Serentak 2019. (ido)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *