Unikama Wisuda Daring 833 Mahasiswa, Salah Satunya Ahmad Basarah

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian, MSi, memotivasi para wisudawan-wisudawati agar menggunakan keilmuannya untuk masyarakat. (rhd) - Unikama Wisuda Daring 833 Mahasiswa, Salah Satunya Ahmad Basarah
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian, MSi, memotivasi para wisudawan-wisudawati agar menggunakan keilmuannya untuk masyarakat. (rhd)

Malang, SERU.co.id – Sebanyak 833 mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) dilepas melalui Wisuda Sarjana dan Pascasarjana semester genap tahun akademik 2020/2021 secara daring, Sabtu (23/10/2021). Terbagi 791 mahasiswa S-1 dan 42 mahasiswa S-2.

Ketua Panitia Wisuda Unikama Dr Mujiono MPd mengatakan, sejak tahun lalu, Unikama menggelar wisuda daring lantaran pandemi covid-19. Pihaknya memilih opsi tersebut demi kesehatan dan keselamatan civitas akademik.

Bacaan Lainnya

“Mengingat masih pandemi dan beberapa mahasiswa juga berada di luar kota dan pulau, tidak semua di Malang. Maka kampus memilih daring dan menghendaki tidak menghadirkan para wisudawan,” terang Mujiono, mendampingi Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian, MSi.

Unikama tetap menyiarkan prosesi wisuda melalui aplikasi zoom dan kanal YouTube Unikama Official.

“Di antaranya wisudawan-wisudawati Unikama, selalu ada pejabat publik yang juga diwisuda. Kali ini, Wakil Ketua MPR RI, Dr Ahmad Basarah SH MH, yang menyelesaikan S1 Hukum nya di Unikama,” jelas Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian, MSi.

Disebutkannya, Ahmad Basarah telah menempuh pendidikan S2 dan S3 di bidang Hukum. Sementara S1 sebelumnya di FISIP, agar selaras Ahmad Basarah memilih kuliah S1 Hukum di Unikama.

Wakil Ketua MPR RI, Dr Ahmad Basarah SH MH, memberikan sambutan sekaligus ikut diwisuda. (rhd) - Unikama Wisuda Daring 833 Mahasiswa, Salah Satunya Ahmad Basarah
Wakil Ketua MPR RI, Dr Ahmad Basarah SH MH, memberikan sambutan sekaligus ikut diwisuda. (rhd)

Sebagai informasi, Ahmad Basarah mengambil 96 SKS, dimana 54 sks ditempuh di Unikama, sisanya merupakan konversi SKS kuliah sebelumnya. Mengambil judul skripsi ‘Kajian Kedudukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai Organ Lembaga Negara yang diatur Undang-undang.’ Ahmad Basarah lulus dengan IPK 3,89.

Dari 833 mahasiswa program sarjana maupun program pascasarjana, beberapa di antaranya menjadi wisudawan terbaik dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di masing-masing fakultas.

Di antaranya, Fakultas Bahasa dan Sastra: Jihan Rohmawati (Prodi Bahasa Inggris), meraih IPK 3,95; Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP): Inge Lailati (Prodi Pendidikan Guru SD/PGSD), meraih IPK 3,94; Fakultas Peternakan: Indah Anisyah Putri (Prodi Peternakan), meraih IPK 3,92; Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB): Era Bajhiro (Prodi Manajemen), meraih IPK 3,90;

Selanjutnya, Fakultas Sains dan Teknologi (FST): Muhammad Luluk Anisatul Farida (Prodi Pendidikan Matematika), meraih IPK 3,82; Fakultas Hukum (FH): Erlina Sekar Sari (Prodi Ilmu Hukum), meraih IPK 3,81; Program Pascasarjana: Yulianah (Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris) meraih IPK 4,0.

Wakil Rektor I Unikama Drs Choirul Hudha MSi mengapresiasi capaian para wisudawan terbaik dan berharap apa yang diraih bisa menjadi bekal dalam menyongsong masa depan dan bermanfaat untuk karir ke depannya.

“Masing-masing fakultas diambil satu terbaik. Tertinggi S1 dari Bahasa dan Sastra dengan IPK 3,95. Dan Pascasarjana dari Magister Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 4,0. Saya juga berharap, para wisudawan bisa memanfaatkan kelulusannya untuk berkarir maupun meneruskan pendidikan lebih lanjut,” bebernya.

Dari total 833 wisudawan-wisudawati, terbagi  per fakultas/strata. Di antaranya

1. Fakultas Ilmu Pendidikan
– Prodi Bimbingan Konseling (S1): 17 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1): 18 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Geografi (S-1): 40 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S-1): 179 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (S-1): 32 wisudawan.

2. Fakultas Bahasa dan Sastra
– Prodi Sastra Inggris (S-1): 19 wisudawan
– Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra lndonesia (S-1): 40 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1): 34 wisudawan.

3. Fakultas Sains dan Teknologi
– Prodi Teknik Informatika (S-1): 34 wisudawan.
– Prodi Sistem lInformasi (S-1): 11 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Matematika (S-1): 33 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Fisika (S-1): 29 wisudawan.

4. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
– Prodi Manajemen (S-1): 110 wisudawan.
– Prodi Akuntansi (S-1): 89 wisudawan.
– Prodi Pendidikan Ekonomi (S-1): 16 wisudawan.

5. Fakultas Hukum
– Prodi Hukum: 17 wisudawan.

6. Fakultas Peternakan
– Prodi Peternakan (S-1): 72 wisudawan.

7. Program Pascasarjana
– Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S-2): 26 wisudawan.
– Magister Manajemen (S-2): 7 wisudawan.
– Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S-2): 9 wisudawan. (rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *