KPK Tularkan Semangat Anti Korupsi Para Guru

Kota Malang, SERU

Beragam kegiatan Road Show KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di kota Malang. Salah satunya, Workshop Insersi Pendidikan Anti Korupsi yang menyasar para guru PPKN SD/SMP/SMA se-Kota Malang, yang digelar di Ruang Sidang Balaikota Malang, Sabtu (7/9/2019). Dengan mengusung Pendidikan Karakter sebagai pondasi penting untuk membangun budaya anti korupsi.

Bacaan Lainnya

Dalam acara yang dibuka oleh Walikota Malang Sutiaji, pria nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini mengatakan, Pendidikan Karakter di Kota Malang diterapkan melalui pendidikan non calistung dengan lebih menguatkan karakter pada siswa siswa kelas 1 dan 2 SD. “Itu harus kita kuatkan karena secara alamiah manusia memiliki sifat rakus. Merasa kurang dan kurang. Dan sifat itu lah yang menjadikan lahirnya perilaku korup. Maka menguncinya adalah menguatkan karakter,” seru politisi partai Demokrat ini.

Ditegaskannya, pada dasarnya anak-anak itu putih bersih, artinya menjadi seperti apa, sangat ditentukan oleh lingkungannya. “Itu menjadi tanggung jawab kita bersama. Oleh karenanya, pendidikan karakter saya titipkan dan fitrah putih anak untuk dapat dijaga. Karena mereka menjadi aset kita ke depan,” pesan Pak Aji, sapaan akrab Walikota Malang.

Para guru PPKN SD/SMP/SMA se-Kota Malang, menyimak pemaparan pemateri. (ist)

Walikota penghobby bulutangkis ini juga mengingatkan, agar semangat bangun anti korupsi  jangan “hangat-hangat tai ayam”. “Kalau ada KPK semangat. Nanti KPK sudah balik, semangatnya turun. Itu yang nggak boleh. Artinya kita hanya bergerak secara formalitas semata. Sekali lagi jangan neko-neko,” seru Sutiaji.

Ditambahkan oleh suami Hj. Widayati Sutiaji tersebut, untuk penguatkan program pendidikan karakter, Walikota Malang akan berkantor secara bergantian ke 5 (lima) wilayah kecamatan di kota Malang. “Selain untuk monitoring langsung pelayanan publik di wilayah, itu juga akan dimanfaatkan untuk memonitor perkembangan pendidikan karakter di sekolah-sekolah yang ada,” tutur Sutiaji.

Dalam kesempatan itu, menghadirkan narasumber dari jajaran KPK RI. Acara yang dihelat juga makin semarak dengan pesan-pesan membangun karakter, sejalan dengan digelarnya kegiatan mendongeng di panggung atraksi seni dan budaya di halaman Balaikota Malang. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *