Malang, SERU – PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya terus berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan melibatkan relawan Komunitas Railfans dan Pramuka, angkutan Lebaran berlangsung lancar.
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengapresiasi, kontribusi komunitas Railfans dan anggota Pramuka. Kehadiran para relawan bertujuan mempermudah pelanggan serta meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.
“Kolaborasi antara KAI dengan komunitas Railfans dan Pramuka merupakan bentuk nyata sinergi positif dalam menciptakan kelancaran dan kenyamanan perjalanan pelanggan. Dedikasi mereka sangat membantu dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan, sehingga perjalanan menjadi lebih tertata dan menyenangkan,” seru Luqman, Rabu (2/4/2025).
Luqman menjelaskan, para relawan bertugas di Stasiun Malang membantu penumpang dan memastikan kelancaran arus perjalanan. Relawan yang berpartisipasi berasal dari tiga komunitas Railfans, yaitu Sahabat Kereta, Java Train dan Malangraya 444.
Bersama anggota pramuka, para relawan bekerja sama dengan jajaran KAI serta personel TNI/Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban. Luqman memaparkan, ada beberapa tugas yang diemban relawan selama periode Angkutan Lebaran 2025.
“Dalam pelaksanaan tugasnya, para relawan berperan aktif memberikan informasi perjalanan, membantu penumpang di area stasiun. Serta memastikan kelancaran arus pelanggan,” ungkapnya.
Selain itu, para relawan turut membantu memberikan panduan terkait jadwal perjalanan, aturan penggunaan kereta api, serta lokasi keberangkatan yang sesuai dengan tiket pelanggan.
“Kami sangat mengapresiasi semangat dan keikhlasan para relawan yang meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu pelanggan. Partisipasi mereka menunjukkan bahwa transportasi massal dapat berjalan lebih optimal dengan adanya sinergi dari berbagai elemen masyarakat,” ujar Luqman.
Luqman mengatakan, setiap hari terdapat delapan anggota Railfans dan delapan anggota Pramuka ditempatkan Stasiun Malang. Keterlibatan para relawan berlangsung selama periode posko Angkutan Lebaran 2025, mulai 24 Maret hingga 8 April 2025.
Dengan keterlibatan berbagai pihak, KAI Daop 8 Surabaya optimis Angkutan Lebaran 2025 dapat berjalan lebih lancar dan aman. KAI juga berkomitmen dalam memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan.
Terkait arus pemudik, Luqman menuturkan, memasuki H+1 Hari Raya Idulfitri 1446 H Stasiun Malang masih dipadati penumpang. Data jam 10.00 tercatat sebanyak 6.607 penumpang. Terdiri dari 2.909 penumpang berangkat dan 3.698 penumpang turun.
Sedangkan kalkulasi hari pertama dan kedua Idulfitri, Stasiun Malang mencatat sebanyak 10.596 penumpang. Terdiri dari 5.229 yang berangkat dan 5.367 yang turun.
Mayoritas penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang selama hari raya dan sekarang tujuan Jakarta, Yogyakarta dan Ketapang. Sedangkan KA favorit keberangkatan, yaitu:
1. KA Tawang Alun relasi Malang – Ketapang
2. KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Yogyakarta
3. KA Jayabaya relasi Malang – Pasar Senen
4. KA Gajayana relasi Malang – Gambir
Luqman mengimbau, seluruh pelanggan untuk segera memesan tiket perjalanan arus balik Lebaran. Pemesanan tiket dilakukan dengan segera untuk mendapatkan kepastian jadwal dan kenyamanan selama perjalanan.
“Dengan melakukan pemesanan lebih awal melalui aplikasi resmi dan kanal pemesanan yang tersedia, Anda dapat menghindari kehabisan tiket. Jangan tunda lagi, segera rencanakan kepulangan Anda bersama KAI dan nikmati pengalaman perjalanan nyaman dan berkesan,” pungkasnya.
Selain mendapat kepastian jadwal, pemesanan tiket dapat memastikan perjalanan yang aman dan lancar. Pelanggan bisa mengakses di aplikasi Acces BY KAI untuk mengupdate ketersediaan tiket, jadwal dan tarif kereta api. (ws13/rhd)