Malang, SERU.co.id – Perum Jasa Tirta (PJT) I berkomitmen wujudkan Asta Cita dengan memperkuat komunikasi publik. Hal itu ditegaskan Direktur Utama PJT I, Fahmi Hidayat, saat Woskhop Komunikasi 2025 yang dihadiri Juru Bicara Kementerian BUMN, Putri Violla.
Direktur Utama PJT I, Fahmi Hidayat mengatakan, sebagai BUMN yang bertugas mengelola sumber daya air. Perum Jasa Tirta I terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat hubungan dengan masyarakat.
“Dengan komunikasi yang lebih terbuka, transparan dan terintegrasi dari pusat hingga ke level terbawah. PJT I dapat semakin dekat dengan masyarakat dengan memberikan informasi yang lebih akurat dan relevan. Sejalan dengan Asta Cita, fokus utama Kementerian BUMN,” seru Fahmi Hidayat, Sabtu (1/3/2025).
Fahmi menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada Juru Bicara Kementerian BUMN yang telah hadir. Dengan berbagi wawasan serta pengalaman berharga dalam membangun komunikasi yang strategis dan berefek positif.
Baca juga: Perum Jasa Tirta I Gandeng JMSI Malang Raya Komitmen Sebarkan Berita Baik
“Kehadiran dan pemaparan beliau (Putri Violla), sangat memperkaya pemahaman PJT I dalam menyelaraskan komunikasi perusahaan dengan visi besar publikasi Kementerian BUMN,” jelasnya.
Sementara itu, Putri Violla menjelaskan, strategi komunikasi yang dapat dilaksanakan oleh BUMN dan insan BUMN. Dirinya memberikan insight strategi komunikasi apa yang dapat diimplementasikan selaras dengan Asta Cita dan fokus Kementerian BUMN. Putri mengingatkan, kepada BUMN pentingnya transparansi.

“Bagaimana seharusnya kita sebagai BUMN dapat memberikan informasi terkait kinerja perusahaan yang selaras dengan upaya pembangunan keberlanjutan,” pesan Putri.
Putri menyampaikan, bentuk komunikasi Kementerian BUMN dapat diadopsi oleh BUMN, ketika menghadapi problematika komunikasi yang muncul. Ia lalu memberikan masukan kepada PJT I, tentang strategi yang dapat dilaksanakan untuk mengembangkan branding perusahaan. Dimana PJT I sebagai pengelola SDA maupun komunikasi bisnis Non SDA yang dikelola perusahaan.
Hal lain juga disampaikannya, yakni cara menghadapi media yang dirasa memberikan pemberitaan yang tidak mendasar. Disampaikannya, dari tingkat divisi maupun korporat PJT I harus dapat memberikan informasi, baik melalui media massa maupun media sosial.
Baca juga: Perum Jasa Tirta I Raih Predikat Informatif Anugerah KIP 2024
“Memanfaatkan kedua media dimaksud dapat menjadi sarana penyebaran informasi untuk klarifikasi atas berita yang sekiranya tidak sesuai,” ungkapnya.
Sekretaris Perusahaan PJT I, Wahyu Dutonoto menambahkan, Workshop Komunikasi yang digelar menjadi tindak lanjut. Dari hasil diskusi yang telah dilakukan bersama Karyawan Gen Z perusahaan.
“Hasil diskusi dimaksud diformulasikan dan disinergikan dengan agenda strategis perusahaan. Melalui Workshop Komunikasi BUMN 2025 ini juga untuk menformulasikan bersama program komunikasi korporat. Dimana nantinya berdasarkan kondisi holistik perusahaan secara keseluruhan,” pungkasnya. (rhd)