Malang, SERU.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya telah membuka penjualan tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2025. Tiket dapat dipesan mulai H-45 sebelum tanggal keberangkatan melalui berbagai kanal resmi. Penjualan dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh KAI.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menyampaikan, pemesanan tiket Lebaran telah dibuka sejak 4 Februari 2025. Tiket yang dijual pertama kali adalah untuk keberangkatan 21 Maret 2025 atau H-10 Lebaran. Pemesanan dapat dilakukan melalui Access by KAI, situs kai.id, serta seluruh kanal resmi lainnya.
“Kami mengingatkan pelanggan agar teliti dalam memilih tanggal, rute, dan memasukkan data diri saat pemesanan. Rencanakan perjalanan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan tanggal keberangkatan. Pastikan pemesanan dilakukan melalui kanal resmi untuk menghindari penipuan,” seru Luqman Arif.
Jadwal pemesanan tiket berlangsung dari 4 Februari hingga 25 Februari 2025. Setiap tanggal pemesanan berlaku untuk keberangkatan H-10 hingga H+10 Lebaran. Loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara go-show mulai tiga jam sebelum keberangkatan.
KAI mengingatkan pelanggan untuk memperhatikan jadwal keberangkatan yang telah disesuaikan dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025. Dengan perubahan jadwal tersebut, calon penumpang diimbau untuk memastikan waktu keberangkatan agar tidak tertinggal kereta. Informasi mengenai jadwal perjalanan dapat diakses melalui aplikasi atau situs resmi KAI.
Tarif tiket kereta api komersial selama masa Angkutan Lebaran tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA). Sementara itu, tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO) tetap mengikuti tarif yang ditentukan pemerintah. Kebijakan tarif ini bertujuan untuk menjaga kestabilan harga selama periode Lebaran.
Baca juga: Libur Panjang Imlek, KAI Daop 8 Surabaya Angkut 205 Ribu Penumpang
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi customer service di stasiun atau contact center KAI. Layanan pelanggan dapat diakses melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. KAI berharap, masyarakat dapat merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik melalui berbagai layanan yang tersedia.
“KAI berkomitmen, menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan layanan yang semakin baik, KAI berharap, dapat memberikan pengalaman mudik yang menyenangkan bagi seluruh masyarakat. Kami akan terus meningkatkan kualitas layanan untuk mendukung kelancaran perjalanan selama musim Lebaran,” tutup Luqman Arif. (ska/mzm)