Malang, SERU.co.id – Libur panjang Hari Raya Waisak dan cuti bersama 2024, jumlah penumpang angkutan darat kereta api (KA) meningkat dibanding hari-hari biasanya. Hal tersebut juga turut dirasakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, yang mengalami kenaikan hingga 40 persen.
“Peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh di Stasiun Malang pada libur Hari Raya Waisak dan cuti bersama akhir pekan, mulai 23-26 Mei 2024,” seru Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Senin (27/5/2024).
Luqman menuturkan, berdasar data, pada Senin (27/5) pukul 09.00 WIB, pelanggan yang berangkat dari Stasiun Malang periode 22-26 Mei 2024 tercatat sebesar 18.438 pelanggan. Jumlah ini meningkat sebesar 40 persen atau 5.277 pelanggan, dibanding periode yang sama minggu sebelumnya yang tercatat 13.161 pelanggan.
Sedangkan penumpang yang turun di Stasiun Malang mengalami peningkatan 30 persen atau 3.950 pelanggan. Jika dibanding periode minggu sebelumnya yang tercatat 13.163 pelanggan.
“Puncak kepadatan keberangkatan pada periode libur panjang akhir pekan tersebut yaitu pada, Kamis 23 Mei dengan jumlah pelanggan sebanyak 3.923 pelanggan. Sedangkan pelanggan yang turun di Stasiun Malang, juga terjadi pada Kamis (23/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 4.224 pelanggan,” tuturnya.
Dikatakan Luqman, para pelanggan di Daop 8 Surabaya didominasi dengan KA tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi. Selain itu tiga KA jarak jauh paling favorit keberangkatan dari Stasiun Malang antara lain, KA Malabar relasi Malang – Bandung, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang, KA Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen.
Dirinya menyebut, peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api. Yang menjadikannya sebuah pilihan utama dalam melakukan mobilitas, terutama pada libur panjang akhir pekan.
Luqman juga membeberkan, kereta api memiliki beberapa kelebihan dibanding transportasi darat lainnya. Seperti keselamatan perjalanan kereta api, kenyamanan pelanggan. Kemudahan dalam menggunakan fasilitas yang ada, ketepatan waktu, bebas kemacetan, hingga mengurangi potensi kecelakaan dijalan raya.
“Kami akan terus berkomitmen menyediakan angkutan kereta api yang aman, selamat, nyaman, dan tepat waktu,” pungkasnya. (wul/mzm)