Gelar Cerdas Cermat, Diskominfo Kota Malang Ingin Perkuat SDM di Bidang Digital

Gelar Cerdas Cermat, Diskominfo Kota Malang Ingin Perkuat SDM di Bidang Digital
Pemberian penghargaan kepada pemenang lomba Cerdas Cermat Bijak TIK (foto: ws8)

Malang, SERU.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang gelar lomba Cerdas Cermat Bijak Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Acara yang digelar di Malang, Creative Center (MCC),  Kamis (30/11/2023) itu bertujuan untuk memperkuat sumber daya manusia di bidang digital.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberi tiga mandat kepada Diskominfo. Yaitu, penguatan infrastruktur digital, penguatan SDM digital, dan ekosistem digital.

Bacaan Lainnya

“Pemkot Malang ada tiga hal yang dimandatkan ke kami terkait TIK,” seru Wiwid, panggilan akrab Kadis Kominfo.

Baca juga: Kemenkominfo Bahas Pengamanan Data Pribadi dalam Transaksi Online di Tulungagung

Gelar Cerdas Cermat, Diskominfo Kota Malang Ingin Perkuat SDM di Bidang Digital
Kepala Diskominfo Kota Malang, M Nur Widianto memberikan sambutan di lomba cerdas cermat bijak, (foto: ws8)

Wiwid menambahkan, pengembangan infrastruktur digital seperti memberikan pelayanan WiFi 551 RW di wilayah, lalu menyebarkan titik CCTV. Hal ini, berkaitan dengan SDM digital untuk mengadakan event seperti ini.

“Infrastruktur digital salah satu diantaranya kami memberikan layanan WiFi 551 RW di wilayah-wilayah, lalu menyebarkan titik cctv. Kaitannya dengan SDM digital, langkah yang dilakukan Diskominfo diantaranya, melakukan event seperti ini, karena diantaranya kami mencermati bahwa yang namanya TIK itu nampaknya sudah menjadi menu harian disemua keluarga,” ujarnya

Wiwid mengungkapkan, event ini baru terlaksana sekarang. Pihaknya ingin menumbuhkan jiwa solidaritas kepada siswa juga selain menguji kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Baca juga: Memperkuat Karakter ASN Ala Pemkot Malang Melalui Inovasi Cerdas Cermat

“Event seperti ini baru terlaksana. Kami mencoba hal yang baru meskipun cerdas cermat itu ada sudah lama, nah kami akan menghidupkan hal tersebut. Tak sekedar bagaimana menguji kemampuan para siswa ini berkaitan dengan TIK,  tapi mereka dihimpun agar mampu kerja secara kolektif berinteraksi secara sosial, nilai-nilai itu yang kami bangun,” ungkapnya

Untuk pesertanya, terdapat total 116 peserta dari SMP. Kemudian, disaring menjadi 30 peserta.

“Semua SMP ada 116 setelah melalui proses seleksi mengerucut menjadi 30,” bebernya

Kedepannya, rencana ada pertimbangan untuk diadakan lomba cerdas cermat di tingkat SMA. Tidak hanya berbentuk cerdas cermat saja, tetapi bisa berbentuk lomba yang lain.

“Tentu ada pemikiran pertimbangan ke arah sana. Bisa jadi kedepan kami ambil  strata di lingkungan SD bisa jadi di strata lingkungan SMA, dengan varian eventnya tidak selalu cerdas cermat,” pungkasnya.

Adapun peserta yang memenangkan lomba cerdas cermat, yaitu:

  1. Juara 1 SMP Negeri 5 Malang;
  2. Juara 2 SMP Aisyiah Muhammadiyah 3 Malang;
  3. Juara 3 SMP Islam Al Ya’lu Malang. (ws8/rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *