41 Karya Warnai Pameran Novart 2023, Melawan Fomo dengan Lukisan

Animo pengunjung pameran lukisan Novart 2023. (ws10) - 41 Karya Warnai Pameran Novart 2023, Melawan Fomo dengan Lukisan
Animo pengunjung pameran lukisan Novart 2023. (ws10)

Malang, SERU.co.id – Himpunan Mahasiswa Seni dan Desain (HMSedesa) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pameran seni “NOVART 2023”. Sebanyak 41 karya lukisan lolos kurasi dari 36 pengkarya tampil sebagai bentuk perlawanan terhadap fenomena Fear of Missing Out (FOMO). Fomo diartikan ketakutan ketinggalan informasi atau momen di media sosial, dimana seseorang menganggap kehidupan orang lain lebih menyenangkan dan berusaha menirunya.

Penanggungjawab Karya, Deny Agustian mengatakan, 41 lukisan yang lolos kurasi tersebut merupakan karya mahasiswa Seni dan Desain UM angkatan 2019-2023. Pameran seni ini sudah dikunjungi lebih dari 900-an orang dari berbagai kalangan, di Gedung Sasana Krida UM, Selasa-Kamis (28-30/11/2023).

Bacaan Lainnya

“Novart atau November Art merupakan pameran rutin yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Harapannya bisa membuat orang-orang, khususnya mahasiswa agar berani berkarya tanpa dibatasi ketakutan,” seru Deny Agustian, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: Peringati Hari Anak Nasional 2022, Dispussipda Kota Malang Gelar Bermacam Event

Setiap lukisan sudah memiliki identitas berupa perupa, medsos, media, ukuran dan penjelasan singkat mengenai maknanya. Seperti lukisan berjudul “Merawat Riwayat” karya Yooke dengan media batik on cotton berwarna hijau. Menganalogikan dunia seni (tangan dan bunga) sama dengan dunia petani (arit).

“Hasil panen pertanian tidak mudah didapat, ada proses panjang dan berat. Begitu juga dengan dunia seni yang orientasi sebenarnya ada pada proses, bukan hasil,” jelasnya.

Berbagai lukisan di Novart 2023. (ws10) - 41 Karya Warnai Pameran Novart 2023, Melawan Fomo dengan Lukisan
Berbagai lukisan di Novart 2023. (ws10)

Rangkaian acara hari pertama Novart 2023 di antaranya pementasan teater, kurator talk, live mural, dance perform dan Bantengan. Hari kedua berupa talkshow, workshop, seminar visual mapping dan perform art. Hari ketiga mengusung penampilan band, perform art serta penampilan guest star Renan dan Monohero.

Saat pameran berlangsung, pengunjung bisa melakukan art tour dan art talk dengan para panitia yang siap membantu. Beberapa panitia merupakan pengkarya dalam pameran ini, sehingga dapat menjelaskan makna dari setiap lukisannya.

“Meski tidak paham mengenai lukisan, tapi saya bisa merasakan adanya semangat dan keberanian dalam setiap lukisannya. Lukisan berwarna terang saya anggap menggambarkan kebahagiaan dan percaya diri. Tenang sekali memandanginya berlama-lama,” terang Fahrin, salah satu pengunjung mahasiswa UIN Malang.

Baca juga: Jangan FOMO! Cek Daftar Data yang Diminta Threads

Berbagai lukisan dan patung dapat dijadikan spot foto. Panitia juga dengan senang hati membantu dokumentasi para pengunjung.

Pameran Novart 2023 ditutup Kamis (30/11/2023) malam dengan penampilan band Anxieparty, Laung, Noble End, ODGJ, Sirlord Buzz dan Angerfire. Ke depannya, Novart diharapkan dapat mewarnai lingkungan seni dan budaya di Kota Malang, sekaligus dukungan langsung untuk para seniman. (ws10/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *