Surabaya, SERU.co.id – PT Pegadaian berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) meluncurkan program penguatan kewirausahaan sosial pemuda The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC). Peluncuran program ini dilaksanakan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah pada Senin (9/10/2023).
Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Febriansyah mengatakan TGSC merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pegadaian pada Pilar The Gade Generation yang berfokus pada pendidikan generasi muda. TGSC mengusung tema “Empowering Youth Sociopreneurship for Sustainable Impact and Improving Millennial Financial Literacy”.
Baca juga: Wadahi Milenial Berekspresi, Pegadaian dan UB Resmikan The Gade Creative Lounge FEB
Eka Febriansyah juga menyampaikan, TGSC menjadi wadah inkubasi para pemuda dalam menciptakan kebermanfaatan sosial melalui wirausaha sosial.
“TGSC menjadi kompetisi startup sosial bagi para mahasiswa seluruh Indonesia lewat kompetisi ini para peserta di dorong untuk menjadi sociopreneur melalui inovasi model bisnis yang telah dibuat,” jelasnya.
Lebih lanjut, inovasi tersebut lahir dari pengamatan para peserta terhadap masalah dan kebutuhan sosial yang ada di lingkungan mereka. Para peserta didorong untuk melihat berbagai masalah dan kebutuhan sosial sebagai peluang untuk memberdayakan dan menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat.
Baca juga: Peduli Pendidikan, Pegadaian Beri Beasiswa Anak-anak Pengurus Bank Sampah Binaan
Ia berharap bonus demografi dapat dimaksimalkan untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju.
“Melalui program TGSC, kami berupaya mendorong jiwa Sociopreneurship para mahasiswa dengan memberikan dukungan kepada tiga hal yakni pendampingan dan pematangan usaha melalui mentoring dan networking, serta dukungan akses keuangan pada saat peserta membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.