Malang, SERU.co.id – Wujud transformasi mutu layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dicanangkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara nasional. Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang gandeng Rumah Sakit Lavalette meresmikan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, dr Roni Kurnia Hadi Permana MMRS AAK menyampaikan, launching dan peresmian ini bentuk nyata terjalinnya kolaborasi yang baik. Antara BPJS Kesehatan dengan pemangku kepentingan dan seluruh fasilitas kesehatan dalam upaya melakukan transformasi mutu layanan.
“Adanya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan ini, masyarakat lebih mudah untuk mengakses informasi-informasi terkait pelayanan menggunakan Program JKN. Sekaligus mendukung tranformasi mutu layanan yang mudah, cepat dan setara di seluruh faskes di Indonesia,” seru dr Roni, disela launching di RS Lavalette, Selasa (3/10/2023).
Baca juga: BPJS Kesehatan Komitmen Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN
Dirinya berharap, adanya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan ini dapat meningkatkan mutu layanan. Serta mendekatkan BPJS Kesehatan kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan sebagai peserta JKN.
“Loket ini nantinya lebih mendekatkan BPJS Kesehatan kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan sebagai peserta JKN. Kami berterima kasih kepada RS Lavalette yang bersedia sebagai tempat launching, lantaran paling siap dibanding RS lainnya,” ucapnya.
Ditargetkan, paling lambat pada akhir tahun 2023, semua Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan tersedia di seluruh RS. Dengan menyasar 54 rumah sakit atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di Malang Raya.
Senada, Direktur Rumah Sakit Lavalatte, dr Mariani Indahri MMRS mengatakan, transformasi sistem kesehatan merupakan salah satu upaya mengubah sistem kesehatan yang sudah ada. Agar dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan dan berfokus pada kemudahan dan kesetaraan akses layanan kesehatan.
“Bersama BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Lavalette berkomitmen menyediakan layanan yang mudah, cepat, dan setara kepada seluruh peserta JKN. Wujudnya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan POROS berada di lokasi yang mudah dilihat oleh para peserta JKN. Serta ditandai signage (papan petunjuk) dan petugas yang siap membantu pelayanan,” ungkap Maya, sapaan akrabnya.
Hal ini sejalan dengan ide transformasi mutu layanan kesehatan yang dicanangkan bersama. Sehingga RS Lavalette mendukung penuh program-program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh masyarakat.
“Di loket tersebut, petugas kami sudah mendapatkan pelatihan komunikasi efektif dalam memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Dengan waktu pelayanan di Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan disesuaikan dengan jam pelayanan di rumah sakit,” terangnya.
Baca juga: BPJS Kesehatan Luncurkan Program Pesiar
Pihaknya juga menyediakan scan barcode POROS yang menfasilitasi seluruh peserta JKN untuk mengakses KESSAN, SIPP, Antrean, dan Web Skrining. Dimana dapat dimanfaatkan peserta JKN untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.
“Kami berharap, adanya kolaborasi yang baik antara RS Lavalette dengan BPJS Kesehatan dan seluruh pemangku program kesehatan nasional. Dapat berdampak signifikan kepada peningkatan kualitas, mutu layanan, dan tentunya dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN,” tandas Maya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif mengaperasi, keberadaan loket tersebut untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat. Sehingga mendapatkan semua informasi yang berkaitan dengan layanan BPJS Kesehatan.
“Kami sangat mengapresiasi inovasi dari BPJS Kesehatan dan RS Lavalette ini. Bagaimanapun juga kita memiliki kewajiban yang sama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Kami berharap, Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan ini bisa meningkatkan mutu layanan dan kepuasan peserta JKN,” ungkap Husnul.
Diharapkan, lanjut Husnul, masyarakat yang mendapatkan informasi dari Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan bisa meneruskan informasi selanjutnya kepada keluarga maupun lingkungan masyarakat disekitarnya.
“Sehingga dapat membuka wawasan masyarakat terhadap perkembangan layanan-layanan yang ada di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan,” tandasnya. (rhd)