Terima Penghargaan UHC, Faskes di Kabupaten Malang Alami Lonjakan Pasien

Proses USG oleh salah satu pasien di Poliklinik Rawat Inap Global Sarana Medika Kecamatan Dampit - Terima Penghargaan UHC, Faskes di Kabupaten Malang Alami Lonjakan Pasien
Proses USG oleh salah satu pasien di Poliklinik Rawat Inap Global Sarana Medika Kecamatan Dampit

Malang, SERU.co.id – Sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) yang ada di Kabupaten Malang alami kelonjakan pasien. Hal tersebut disinyalir lantaran perolehan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional pada puncak acara UHC Awards 2023 yang diterima Pemerintah Kabupaten Malang.

Direktur Poliklinik Rawat Inap Global Sarana Medika Kecamatan Dampit, dr.Afif Izuddin mengaku, tempatnya bekerja juga turut terdampak positif dari penerima UHC. Yang mengakibatkan kenaikan jumlah pasien yang berobat.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat mensupport atas diterimanya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan Kesehatan Nasional pada puncak acara UHC Awards 2023 oleh Bupati Malang HM.Sanusi beberapa waktu lalu,” seru Afif Izuddin, Selasa (30/5/2023).

Tenaga medis yang kerap disapa Dokter Afif itu menyebut, setelah diberlakukannya kebijakan Program UHC itu khususnya di wilayah Kabupaten Malang, sejak dua bulan lalu, angka  kunjungan pasien di poliklinik GSM Dampit naik drastis.

Menurutnya, hal itu karena seluruh fasilitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Malang saat ini, ditanggung oleh pemerintah daerah. Dirinya juga mengatakan, kepercayaan masyarakat di lima wilayah, mulai dari Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit dan Sumbermanjing Wetan juga dibilang tinggi.

“Kami juga siap menfasilitasi pasien yang terkadang memang tidak tahu jika dirinya punya BPJS. Karena beberapa pelayanan kesehatan di klinik Global ini, juga difasilitasi BPJS. Seperti persalinan, USG, pelayanan poli umum juga bisa ditempuh secara gratis dengan menggunakan BPJS,” bebernya.

Untuk diketahui, cakupan UHC di Kabupaten Malang pada 2023, tercatat progres pencapaian program itu hingga bulan Maret 2023 sudah mencapai 2.580.323 jiwa. Atau 97,26 persen dari total jumlah penduduk keseluruhan mencapai 2.653.085 jiwa. (wul/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *