Jokowi Jamin Bakal Ada Bonus Untuk Peraih Medali SEA Games 2023

presiden jokowi bersama kontingen sea games 2023. (ist) - Jokowi Jamin Bakal Ada Bonus Untuk Peraih Medali SEA Games 2023
Presiden Jokowi bersama kontingen SEA Games 2023. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Presiden Joko Widodo menjamin akan memberikan bonus kepada para atlet peraih medali dalam ajang SEA Games Kamboja 2023. Hal ini disampaikan pada Jumat (19/5/2023) saat presiden akan bertolak ke Jepang.

“Ya nanti diberi bonus,” seru kepala negara.

Bacaan Lainnya

Presiden belum menentukan jumlah bonus yang akan diterima para peraih medali. Ia menyebut, penghitungan jumlah bonus akan disampaikan setelah ia kembali dari kunjungan kerja.

Baca juga: Timnas Indonesia Raih Medali Emas SEA Games Setelah 32 Tahun Penantian

“Ya nanti ini ke Jepang dulu baru nanti bonusnya dihitung,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk bonus para atlet, pelatih, dan asisten pelatih di SEA Games 2023. Dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikucurkan melalui DIP Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

Baca juga: Presiden Jokowi Rayakan Kemenangan Timnas di SEA Games 2023 dengan Pesta Durian

“Rp275 M untuk pemberian bonus bagi peraih medali (atlet/pelatih/asisten pelatih) SEA Games ke-32” tulis Sri Mulyani di akun Instagram-nya, Rabu (17/5/2023).

Secara keseluruhan, pemerintah menganggarkan Rp852,2 miliar untuk mengirim kontingen Indonesia ke Kamboja. Sebanyak Rp522 miliar untuk pembinaan atlet-atlet sebelum berlaga di multi-event internasional, Rp55,2 miliar untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja, dan sisanya adalah untuk bonus.

Baca juga: Kemenkeu Siapkan Bonus Atlet SEA Games 2023 Hingga Rp275 Miliar

Kontingen Indonesia menutup gelaran SEA Games 2023 dengan total raihan 276 medali. Jumlah tersebut terdiri dari 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu.

Prestasi ini melebihi target yang diberikan oleh Presiden Jokowi yaitu sebanyak 70 medali emas. Dengan jumlah medali tersebut, Indonesia menempati posisi ke-3 klasemen akhir SEA Games Kamboja 2023. (hma/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *