Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Jombang Diperbaiki Dinas PUPR

Perbaikan jalan di ruas jalan di Kabupaten Jombang. (ful) - Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Jombang Diperbaiki Dinas PUPR
Perbaikan jalan di ruas jalan di Kabupaten Jombang. (ful)

Jombang, SERU.co.id – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Bayu Pancoroadi melakukan perbaikan jalan di ruas jalan kabupaten Jombang.

Tujuan perbaikan jalan guna memperlancar perekonomian Kabupaten Jombang dan memperlancar pengendara di ruas jalan Kabupaten Jombang maka PUPR membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) melakukan perbaikan jalan di sejumlah ruas jalan.

Bacaan Lainnya

Untuk pemeliharaan rutin jalan (tutup lubang) kami menggunakan material hotmix dan coldmix. Selain itu kita menggunakan metode lapen untuk melakukan pemeliharaan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Bayu Pancotoadi kepala Dinas PUPR Jombang ketika dikonfirmasi oleh sejumlah media, Minggu (13/3/2023).

Dikatakan juga oleh Bayu, metode lapen merupakan metode pekerjaan jalan berupa lapis perkerasan yang terdiri dari agregat pokok dan agregat pengunci bergradasi terbuka dan seragam yang diikat oleh aspal dengan cara disemprotkan di atasnya dan dipadatkan lapis demi lapis.

“Sedangkan bahannya agregat terdiri dari batu pecah berupa agregat kunci dan agregat penutup yang bersih, keras dengan kualitas seragam dan bebas dari kotoran lempung, ahan-bahan tumbuh-tumbuhan atau bahan lainnya yang harus dibuang,” ucapnya.

Lanjut Bayu, batas perbedaan agregat diantaranya agregat kasar berupa lapisan utama yang berada dalam batas-batas agregat ukuran nominal 2,5 cm-6,25 cm yang tergantung kepada ketebalan lapisan dengan ukuran lebih /3 cm tebal rencana dan agregat kunci untuk lapisan utama harus lolos saringan 25 mm tetap tidak boleh lebih dari 54 akan lolos dari saringan 9,5 mm.

“Bahan pengikat untuk aspal diantaranya aspal semen Pen.80/100 atau Pen.60/70 yang memenuhi AASHTO M20, aspal emulsi CRSI atau CRS2 yang memenuhi ketentuan Pd S-01-1995-03 (AACHTO M208) atau RSI atau RS2 yang memenuhi ketentuan AASHTO M140 dan aspal cair penguapan cepat (rapid curing) jenis RC250 atau RC800 yang memenuhi ketentuan Pd S-03-1995-03, atau aspal cair penguapan sedang Imedium curing) jenis MC250 atau MC800 yang memenuhi ketentuan Pd S-02-1995-03,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Bayu juga mengatakan, pada tanggal 7 Maret 2023 ada 4 pemeliharaan rutin jalan oleh Unit Reaksi Cepat (URC) Bina marga diantaranya Jalan Anggrek, Jalan Dr. Soetomo, Jalan Ki Hajar Dewantara, dan jalan Pahlawan.

“Hingga saat ini kenyamanan pengendara sudah normal dan aktivis perekonomian di kabupaten jombang bisa berjalan,” pungkas Bayu. (ful/mzm)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *