Besok di Nganjuk, Kemenkominfo Gelar Diskusi Literasi Digital ‘Hobi Jadi Cuan’

Ilustrasi hobi jadi cuan. (ist) - Besok di Nganjuk, Kemenkominfo Gelar Diskusi Literasi Digital 'Hobi Jadi Cuan'
Ilustrasi hobi jadi cuan. (ist)

Sebagai informasi, diskusi literasi digital di Nganjuk ini merupakan bagian dari program nasional Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023. Dimana kick off-nya telah dilakukan pada 27 Januari 2023. Program berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Kemenkominfo melaksanakan program IMCD 2023 secara serentak di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Bacaan Lainnya

Tahun ini, IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Kemenkominfo menambahkan, saat ini Indeks Literasi Digital Indonesia (ILDI) sudah semakin baik. Hal itu diketahui dari hasil pengukuran ILDI 2021 yang digelar Kemenkominfo bekerja sama dengan Katadata Insight Center. Secara keseluruhan, ILDI 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46.

Sementara itu, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social. Menyebutkan bahwa pengguna internet dan media sosial pada periode 2021-2022 mencapai 220 juta orang.

”Padahal, pada 2019, jumlah itu tidak lebih dari 175 juta orang,” pungkasnya. (*/rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *