Atlet Cilik Panjat Tebing Kota Malang Raih Juara 3 Jatim

Malang, SERU.co.id – Meskipun bukan termasuk olahraga populer, Zahwa Ghassani Sabata telah membulatkan tekadnya menekuni olahraga panjat tebing. Berawal dari hobi, siswi kelas 3 SD Muhammadiyah 9 Malang tersebut, berhasil menyabet gelar juara 3 di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Zahwa sapaan akrabnya, berbagi kisah awal kecintaannya terhadap olahraga tersebut. Ia mengaku, semenjak usia 7 tahun dirinya memiliki hobi memanjat saat di rumah.

“Pertama saya suka manjat-manjat pagar sama pohon,” seru Zahwa, usai menerima penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, pada Hari Pendidikan Nasional di Balai Kota, Jumat (13/5/2022) kemarin.

Melihat hobinya tersebut, lantas orang tua dari Zahwa memfasilitasi dengan mengikutsertakan pada latihan-latihan panjat tebing, hingga mengikuti kejuaraan.

“Awalnya papa lihat-lihat di Facebook, terus akhirnya diikutin panjat tebing. Biasanya juga diajak ke cafe-cafe yang ada boulderingnya,” ceritanya.

Zahwa mengatakan, dalam hobi yang sudah ditekuni tersebut, dirinya menemukan keasyikan tersendiri. Hal itu dibuktikannya, dengan berhasil pulang gelar juara di kancah provinsi Jatim, di Probolinggo tahun lalu.

“Untuk lomba nanti, di Pamekasan insyaallah tanggal 20-23 Mei. Berhubung mau lomba, latihannya sekarang setiap hari, sebelumnya dua hari sekali di Gedung KNPI,” ungkap Zahwa.

Sementara itu, orang tua dari Zahwa, Dini mengatakan, jika dirinya akan terus mensupport minat dan bakat yang dimiliki putrinya tersebut. Dengan harapan, agar Zahra dapat terus menggeluti dunia panjat tebing, hingga menjadi atlet profesional.

“Memang minat dari anaknya sendiri. Awalnya suka naik-naik itu, akhirnya saya cari-cari dan akhirnya papanya nemu di Facebook. Terus saya cobakan, dan betul saja (berbakat), karena maunya dia ingin menjadi atlet,” ungkap Dini. (ws5/rhd)


Baca juga: