Cegah Ketergantungan Gadget, Anak-anak Surabaya Sudah Difasilitasi 530 Taman Bacaan

ft taman sby
ft taman sby

Surabaya, SERU.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya terus menguatkan literasi anak-anak Surabaya. Buktinya, kini sudah ada sebanyak 530 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tersebar di berbagai penjuru kota.

Selain TBM, pemkot juga punya dua perpustakaan besar dan lengkap di Balai Pemuda dan di Rungkut.

Bacaan Lainnya

“Jadi, untuk mencegah ketergantungan atau kecanduan gadget dan untuk menguatkan literasi serta menumbuhkan minat baca di Surabaya, maka warga terutama anak-anak kita fasilitasi 530 TBM ditambah 2 perpustakaan besar,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya Mia Santi Dewi seperti dilansir surabaya.go.id, Rabu (8/2/2023).

Menurutnya, 530 TBM itu ada di Balai RW sebanyak 469 TBM, di kelurahan ada 27 TBM, di kecamatan ada 5 TBM, di rumah susun ada 19 TBM, di instansi pemkot ada 3 TBM, di terminal ada 1 TBM, di rumah sakit ada 2 TBM, di taman ada 1 TBM, di Liponsos ada 2 TBM, dan di Museum Pendidikan ada 1 TBM.

“Sebenarnya 530 TBM ini selalu buka mulai Senin-Sabtu di jam kerja. Namun, karena petugas kita di lapangan hanya sekitar 250 orang, akhirnya mereka ada yang pegang 2-3 TBM, sehingga terkadang bukanya di salah satu TBM itu 2 atau 3 hari sekali, karena kita gilir bukanya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Perpustakaan Kota Surabaya Puji Astuti menjelaskan berbagai kegiatan yang dilakukan di TBM itu. Mulai dari layanan baca di tempat, layanan bimbingan belajar gratis, kelas mendongeng, dan kelas menulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *