60 Persen Pemuda Kabupaten Malang  Masih Takutkan Sulitnya Lapangan Pekerjaan

pengurus dpd knpi kabupaten malang menunjukkan hasil survei11
Pengurus DPD KNPI Kabupaten Malang menunjukkan hasil survei kepemudaan. (foto'wul)

Malang, SERU.co.id Berdasarkan hasil survei kepemudaan yang dilakukan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Malang, setidaknya 60 persen pemuda di Kabupaten Malang merasa khawatir dengan ketersediaan lapangan pekerjaan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang Zulham Akhmad Mubarrok mengatakan, survei kepemudaan ini dilakukan pada 1 sampai 15 Januari 2023. Di mana survei diambil dari usia 17 tahun hingga 39 tahun dari 390 pemuda di seluruh desa se-Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

“Survei kami bagi dua kelompok, yakni generasi Z dengan rentang usia 17 tahun hingga 23 tahun. Dan generasi milenial dari usia 24 tahun sampai 39 tahun,” seru Zulham.

Zulham mengatakan, dari data KNPI jumlah pemuda di Kabupaten Malang mencapai 800 ribu jiwa. Angka tersebut setara dengan 35 persen jumlah populasi penduduk Kabupaten Malang.

Zulham menjelaskan, dari hasil survei menunjukkan dari 77,6 persen pemuda mengaku sulit untuk  mencari lapangan pekerjaan. Sehingga, dikawatirkan akan memicu penyumbang pengangguran di wilayah terbesar ke-2 di Jawa Timur ini.

“Hal ini menunjukjan para pemuda pesimis terhadap potensi pekerjaan di masa depan,” terangnya.

Dengan ini Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang itu berharap, agar pemerintah harus mengambil sikap agar potensi pemuda tidak terabaikan.  Sehingga menjawab kekhawatiran para pemuda yang selama ini selalu menghantui mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *