Mengintip Latihan Atlet Cilik BMX Racing, Bibit Cabor Balap Sepeda

Anak-anak berlatih BMX Racing di Velodrome. (ws7) - Mengintip Latihan Atlet Cilik BMX Racing, Bibit Cabor Balap Sepeda
Anak-anak berlatih BMX Racing di Velodrome. (ws7)

Malang, SERU.co.id – Komunitas sepeda XBC (baca: Eksbisi) BMX serius menggarap calon-calon atlet cabang olahraga (cabor) BMX Racing. Walaupun para anggota komunitas ini masih berumur belia, namun potensi mereka diproyeksikan cemerlang. Mampu melahap ajang kompetisi bergengsi di masa mendatang.

Pelatih XBC BMX Kota Malang, Raysa Christanto mengatakan, anak-anak yang ia latih mulai umur 5 hingga 11 tahun. Umur ini disebutnya efektif untuk pembibitan atlet usia dini, sebelum menjadi atlet Porprov cabor balap sepeda usia 12 tahun.

Bacaan Lainnya

“Memang umur mereka belum memenuhi usia minimal untuk mengikuti cabor balap sepeda Porprov, yakni 12 tahun. Namun kegiatan ini bisa mengisi hobi mereka, bonusnya nanti mereka masuk atlet Porprov,” seru Raysa.

Keamanan ketika berlatih menjadi fokus Raysa saat berlatih. Para pesepeda cilik ini diwajibkan melengkapi diri dengan helm, deker, hingga sarung tangan. Karena olahraga yang mereka mainkan merupakan olahraga ekstrim.

“Yang terpenting adalah safety, baik saat latihan hingga kompetisi. Karena olahraga BMX ini kan masuk olahraga ekstrim. Mereka diajari jumping, pumping dan melintasi sejumlah rintangan,” papar Rayza.

Terkait komunikasinya dengan KONI, Raysa mengaku, belum ada obrolan lebih lanjut. Ia memprediksi, akan ada koordinasi sesegera mungkin dengan KONI jelang Porprov yang akan digelar November 2023 mendatang.

“Mungkin ini masih awal tahun mas, KONI juga perlu menyiapkan penganggaran dan lain-lain. Walaupun nanti kita ikut Porprov, pasti juga melalui tahap seleksi dulu,” tambah pelatih yang atletnya berhasil menyumbang sejumlah medali.

Raysa Christanto, pelatih XBC BMX Kota Malang. (ws7) - Mengintip Latihan Atlet Cilik BMX Racing, Bibit Cabor Balap Sepeda
Raysa Christanto, pelatih XBC BMX Kota Malang. (ws7)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *