Titik Baca Akan Hadir di Sudut-Sudut Kota Malang

launching titik baca oleh wali kota malang sutiaji di momen peringatan hari pahlawan
launching titik baca oleh wali kota malang sutiaji di momen peringatan hari pahlawan

Mudahkan Masyarakat Mengakses Ribuan Buku

Malang, SERU.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) melahirkan inovasi baru untuk meningkatkan minat baca di Kota Malang. Adalah Titik Baca, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengakses ribuan buku.

Titik Baca secara simbolis dilaunching oleh Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji di momen Peringatan Hari Pahlawan di Balai Kota Malang, Kamis (10/11/2022). Menurutnya, inovasi berbasis teknologi ini dapat menjadi spirit masyarakat dalam minat membaca.

Bacaan Lainnya

“Apresiasi, ini bagus dan sudah jadi yang komitmen kami, bagian dari smart city juga. Harapannya tentu budaya membaca meningkat karena makin mudah kita akses,” seru Sutiaji.

Sementara itu Kepala Dispussipda Kota Malang, Ir. Yayuk Hermiati, MH mengatakan, masyarakat tinggal melakukan scan QR Code yang tersedia di lokasi untuk dapat mengakses koleksi buku digital yang dimiliki Pemkot Malang.

kepala dispussida kota malang yayuk hermiati saat menjawab pertanyaan awak media.
Kepala Dispussida Kota Malang Yayuk Hermiati saat menjawab pertanyaan awak media. (foto:bim)

“Dalam mengaksesnya masyarakat langsung scan barcode, dan bisa langsung dibaca di tempat dengan radius 100 meter. Jadi memudahkan masyarakat untuk meminjam buku tanpa memegang buku. Langsung milih judul buku,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, koleksi buku yang tersedia di Titik Baca yaitu sebanyak 1.087 buku digital. Meliputi 287 judul buku umum dan 800 judul buku pendidikan.

“Yang dimasukkan di sana merupakan buku yang paling banyak diakeses oleh masyarakat di Perpustakaan,” lanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *