RSUD Kota Malang Raih Akreditasi Paripurna Standar STARKES

Seluruh jajaran RSUD Kota Malang, usai menerima predikat Akreditasi Paripurna. (ist) - RSUD Kota Malang Raih Akreditasi Paripurna Standar STARKES
Seluruh jajaran RSUD Kota Malang, usai menerima predikat Akreditasi Paripurna. (ist)

Malang, SERU.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang mendapatkan penilaian Akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Selasa (8/11/2022). Setelah melalui serangkaian proses akreditasi, kini RSUD di wilayah Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tersebut terakreditasi bintang lima berbasis Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes (STARKES) Tahun 2022.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Kota Malang, dr RA Siti Juhariyah, SpP, FISR mengungkapkan, proses persiapan akreditasi ini berlangsung kurang kebih enam bulan. Proses yang dilalui pun cukup panjang, dimulai dengan pembentukan tim akreditasi hingga penunjukan asesor internal.

Baca Juga

“Assesor internal ini membuat penilaian dan evaluasi juga monitoring secara berkala sehingga siap saat tim penilaian bekerja,” seru wanita yang akrab disapa Ria tersebut.

Capaian prestis ini tidak luput dari kualitas pelayanan kesehatan yang terus dioptimalkan oleh RSUD Kota Malang. Alhasil, dari 16 area yang menjadi sasaran penilaian, semuanya mendapatakan nilai di atas 87.

Ria pun menambahkan, selain pelayanan kesehatan reguler, RSUD Kota Malang juga memiliki pelayanan unggulan. Salah satunya yaitu layanan prioritas orthopedi (bedah tulang).

“Layanan ini termasuk dalam cost yang tinggi, juga karena letak RSUD tepat di jalan raya. Dimana kasus kecelakaan lalu lintas ini banyak ditangani di RSUD Kota Malang,” sambung dokter spesialis paru tersebut.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Malang, dr Rina Istarowati mengatakan, pihaknya akan berkomitmen penuh dengan diraihnya predikat Paripurna dalam akreditasi tersebut. Sehingga komitmen tersebut terwujud dalam kualitas pelayanan Paripurna bagi masyarakat.

Berita Terkait