Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Pemkot Gelar Bintek Pendamping

wakil walikota malang sofyan edi jarwoko 1
wakil walikota malang sofyan edi jarwoko 1

Malang, SERU.co.id – Demi meningkatkan kesejahteraan para lansia, Pemerintah Kota Malang menggelar bimbingan teknis home care kepada para tenaga pendamping lansia di Kota Malang, Senin (07/11/2022) pagi.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan, kegiatan tersebut digelar bertujuan para lansia bisa diperhatikan, juga kebahagiaan yang bisa tumbuh dari para lansia-lansia itu.

Bacaan Lainnya

“Ada ilmu yang didapat dalam bintek keterampilan, harapannya adalah menjadi Lansia yang produktif, mandiri dan sehat,” seru Edy, selepas memberikan materi.

Dia menambahkan, mereka yang mengikuti bimbingan teksin ini sebelumnya juga sudah pernah melakukan bimbingan. Namun, mengingat tantangan kedepan yang berbeda juga tidak semakin mudah.

“Apa dan jumlah lansia ini juga semakin banyak, maka harus dipersiapkan supaya mampu dan bila perlu meningkatkan dari pelayanan pendampingan keluarga lansia,” jelasnya.

Menurut Edy, peran seorang pendamping sangatlah penting, tidak hanya melayani secara fisik. Mereka juga dituntut mendampingi dengan setulus hati. Sehingga perasaan mereka juga ikut serta melayani para lansia-lansia tersebut.

“Butuh yang namanya kesabaran, keterampilan dan mungkin dari hati yang paling dalam. Nah, semuanya itu butuh penguatan ya dilakukan,” imbuhnya.

Dalam teknisnya, para pendamping akan tersebar mendampingi para lansia-lansia yang tersebar di Kelurahan di Kota Malang. Mereka juga yang berperan mengantarkan program Pemkot Malang, rantang kasih tersebut.

“Pendamping yang mesti harus ada komunikasi, ada interaksi, adalah salah satu tugasnya. Adalah itu membuat lansia mandiri dan sehat,”jelasnya. (ws6/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *