Proses Pemilihan Calon Pj Wali Kota Batu Dimulai

ketua dprd kota batu asmadi
ketua dprd kota batu asmadi

Batu, SERU.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu mengumumkan secara resmi dimulainya proses pemilihan Calon Pj Wali Kota Batu. Dari nama-nama yang diusulkan, akan dipilih tiga nama yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjadi calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi SP, Kamis (3/11/2022) di gedung DPRD Batu.

Bersama Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batu, Nurrochman dan Wakil Ketua II Heli Suyanto, Ketua DPRD Batu Asmadi SP menyampaikan, DPRD Kota Batu telah melaksanakan rapat dimulainya proses pemilihan calon Pj Wali Kota Batu untuk diusulkan ke Kemendagri. Asmadi menjelaskan, tidak ada juknis khusus dari pusat terkait pemilihan calon Pj Wali Kota Batu. Oleh karena itu, pimpinan DPRD memberikan kewenangan kepada setiap fraksi DPRD Kota Batu untuk mengusulkan maksimal 3 calon.

Bacaan Lainnya

“Nantinya usulan tersebut harus disampaikan secara tertulis selambat-lambatnya 15 November 2022 pada jam 12.00 WIB.,” serunya.

Asmadi menyebutkan, dari seluruh nama calon yang diusulkan, akan ditetapkan 3 nama calon dari DPRD Kota Batu melalui rapat paripurna yang akan diselenggarakan pada 17 November 2022. Ketiga nama itu akan dibawa ke Kemendagri bersama tiga usulan dari Pemprov Jatim dan tiga usulan dari Kemendagri. Dengan demikian, akan ada sembilan nama yang akan dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA).

“Para calon Pj Wali Kota dipilih dari pejabat PNS Eselon 2 atau setingkat Kepala SKPD. Pejabat yang dipilih tidak terbatas pada PNS Pemerintah Kota Batu,” jelasnya.

Tentang kualitas bakal calon yang diajukan, Asmadi mengaku akan difilter melalui fraksi-fraksi di DPRD Batu. Mereka dipersilahkan memilih 3 nama calon Pj Wali Kota sebagai usulan DPRD Kota Batu.

“Selanjutnya Kota Batu akan dipimpin penjabat selama kurang lebih dua tahun atau terpilihnya wali kota definitif,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *