Kendaraan Tanpa Pelat, Korlantas Akan Tilang dengan Face Recognition

Kamera pengawas lalu lintas. (ist) - Kendaraan Tanpa Pelat, Korlantas Akan Tilang dengan Face Recognition
Kamera pengawas lalu lintas. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Korlantas Polri akan menggunakan fitur pengenalan wajah atau face recognition untuk mengidentifikasi pengendara yang tidak menggunakan pelat nomor kendaraan. Fitur ini akan diterapkan untuk memberikan tilang elektronik.

Dirgakkum Korlantas Brigjen Aan Suhanan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Inafis dan Dukcapil untuk mendapatkan data pengendara.

Bacaan Lainnya

“Untuk tanpa pelat, kita juga tetap bisa mendapatkan data pengendara dengan fitur pengenalan wajah (face recognition) dari inafis maupun dukcapil. Hal ini kita bisa teruskan ke satker yang berkaitan dengan pencarian pribadi terkait,” seru Aaan, Kamis (3/11/2022).

Fitur ini akan menjadi bagian dari kerja bidang manajemen penelitian khusus di Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional. Selain itu, kepolisian akan melakukan operasi di lokasi perlintasan yang sering dilalui kendaraan dengan pelat nomor palsu atau tanpa pelat nomor.

“Lokasi perlintasan kendaraan-kendaraan pelat palsu ini akan menjadi target pada operasi-operasi lalu lintas,” ujar Aan.

Sebelumnya, Kapolri menginstruksikan larangan tilang manual dan beralih dengan ETLE saja. Hal ini membuat sejumlah pengendara sengaja mencopot pelat nomornya agar tidak terdeteksi kamera ETLE. (hma/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *