Kapal Kargo Tenggelam di Taiwan, 12 WNI Masih Dalam Pencarian

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha. (ist) - Kapal Kargo Tenggelam di Taiwan, 12 WNI Masih Dalam Pencarian
Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Sebuah kapal kargo tenggelam di perairan Taiwan pada 31 Oktober 2022 lalu. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengatakan, sebanyak 12 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi ABK kapal masih dalam pencarian dan 5 lainnya berhasil diselamatkan.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha menyampaikan, sebenarnya terdapat 20 orang WNI di kapal tersebut. Namun, tiga orang mengalami kecelakaan sehingga dievakuasi sehari sebelum kapal tenggelam.

Bacaan Lainnya

“Kapal kargo berbendera Panama bermuatan semen mengalami kecelakaan dan tenggelam pada tanggal 31 Oktober tahun 2022 di perairan sebelah barat Taiwan,” seru Judha, Kamis (3/11/2022).

“Pada tanggal 30 Oktober, 3 awak kapal mengalami kecelakaan karena cuaca buruk dan kemudian berhasil dievakuasi menggunakan helikopter,” ujarnya.

Kapal mengalami kerusakan mesin dan kemudian tenggelam akibat ombak besar. Adapun lima WNI yang berhasil selamat dievakuasi oleh kapal kargo yang sedang melintas di lokasi.

Kini tim SAR Taiwan sedang melakukan pencarian terhadap WNI yang hilang dengan 3 kapal besar, 8 kepal kecil, dan drone militer. Kemenlu bersama KBRI setempat juga terus melakukan pemantauan.

“Untuk helikopter sudah disiapkan namun belum digunakan karena cuaca tidak memungkinkan. Kemudian pada hari ini pencarian terus dilakukan ke arah timur dari lokasi tenggelamnya kapal,” jelas Judha. (hma/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *