Malang, SERU.co.id – Tim Pengabdian kepada Masyarakat/ PkM STMIK PPKIA Pradnya Paramita (STIMATA) memberikan pelatihan dan pendampingan sosial kepada UMKM Anugrah Jaya di Dusun Pandansari Lor Kecamatan Jabung. Pelatihan berisi tentang pemanfaatan social media branding untuk meningkatan pemasaran digital produk aneka keripik “Extra Delicious”.
Tim PKMS terdiri Dr.Weda Adistianaya Dewa, S.Kom, MMSI, Dr. Indah Dwi Mumpuni, S.Kom, MM, dan Linda Suvi Rahmwati, S.Kom, MMSI.
Menurut Linda Suvi Rahmawati, S.Kom, MMSI selaku instruktur pelatihan, untuk pendampingan tim pengabdian bersama mahasiswa telah terjun langsung ke lokasi di Dusun Pandansari Lor, tepatnya di rumah industri milik Shinta Niawati.
“Jadi pola pemasaran konvensional yang dijalankan perlu adanya perubahan di era digital guna peningkatan pemasaran dalam rangka memperluas jaringan pemasaran produk melalui social media branding,” seru Linda.
Untuk membantu perubahan pola pemasaran tersebut, tim bersama mahasiswa, misalnya telah mengambil foto-foto produk aneka keripik “extra delicious” sejak 23 September lalu. Foto-foto produk yang telah dihasilkan untuk kebutuhan konten Instagram dan Tiktok.
“Jadi tim PkM memberikan contoh nyata, tentunya dengan terus menjalin komunikasi dengan pemilik produk, bagaimana memanfaatkan social media untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Kami contohkan pada aplikasi Instagram dan Tiktok. Tentu saja memerlukan contoh-contoh produk aneka keripik yang akan dibranding di media social baik dari sisi kemasan, property yang digunakan dan narasi yang ditampilkan,” jelas Linda.
Yang tidak kalah pentingnya, lanjut Linda, adalah membuatkan akun bisnis di Instagram, untuk penamaan usaha yang akan dipublish, agar sesuai dengan harapan dan keinginan dari mitra untuk branding produk adalah : extradelicious.id. (*/ono)